oleh

Kesemrawutan Pasar Seketeng Akan Ditertibkan

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa — Menindaklanjuti aspirasi masyarakat dalam aksi yang di suarakan Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) di kantor Bupati Sumbawa belum lama ini, terkait kesembrautan Pasar Seketeng di tindaklanjuti langsung oleh Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Sumbawa, dengan melakukan monitoring ke Pasar Seketeng, Senin (4/4).

Kadis Koperindag, Drs. Zainal Abidin mengatakan, monitoring yang dilaksanakan sebagai langkah awal sebelum dilakukan penertiban, Pihaknya harus meninjau lokasi  terlebih dahulu untuk mengumpulkan data-data seakurat mungkin tentang kondisi Pasar Seketeng, termasuk kondisi bangunan, los – los yang akan ditempati oleh para pedagang pasca penertiban nanti.

Menurutnya, selain mendata kembali jumlah los, pihaknya juga akan melakukan pembenahan infrastruktur termasuk bangunan yang dianggap  sudah tidak layak lagi untuk ditempati. Dimana kondisinya sudah rusak parah, seperti lokasi tempat pedagang Daging dan Ikan serta sebagian besar fisik bangunan yang telah rusak dan atapnya bocor.

Baca juga:  Bulog Sumbawa Siap Beli Gabah Rp 4.200 Per Kilogram

Ke Depan, kata Zainal rencananya penataan pedagang yang berjualan di sepanjang bahu jalan dan diatas Saluran depan pasar Seketeng hingga jalan sebelah utara dan beberapa pedagang di belakang pasar, nantinya akan di tertibkan untuk diarahkan masuk ke dalam lingkungan pasar, untuk menempati los-los yang telah disediakan oleh managemen pasar dan Diskoperindag.

Ditambahkan, penertiban ini penting dilakukan demi terciptanya rasa nyaman untuk berbelanja, rasa nyaman untuk pengguna jalan maupun pedagang sendiri. Kepada para pedagang juga akan ditertibkan dan disarankan agar menempati los- Los yang memang telah disiapkan oleh pemerintah, sesuai dengan peruntukannya. Untuk membahas tentang rencana penertiban ini, rencanananya akan dibahas lebih lanjut dalam rapat koordinasi dengan beberapa SKPD terkait yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Sumbawa pada Selasa (5/4) di Kantor Bupati Sumbawa. ”Terkait rencana penertiban Diskoperindag telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada para pedagang terutama yang berjualan di bahu jalan dan di atas saluran,“ tandasnya.(KS/YD)

iklan bkbpp

Komentar

News Feed