oleh

Sidak Ketua Komisi I Temukan Banyak ASN Tidak Disiplin

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Banyak ditemukan kursi kosong, para pegawai yang belum kembali bekerja, juga personil Pol PP yang tidak siaga di tempat menjadi pemandangan yang mengecewakan Ketua Komisi I DPRD Sumbawa, saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) ke beberapa Bagian di Kantor Bupati Sumbawa serta Dinas Kesehatan, Kamis (31/3).

Di beberapa Bidang di kantor Bappeda ditemukan beberapa kursi terlihat kosong karena pemiliknya belum kembali dari istirahat siang, padahal saat dilakukan sidak waktu telah menunjukkan Pukul 14.00 (Wita), dimana waktu tersebut sebenarnya pegawai sudah harus bekerja kembali bekerja.

iklan kampanye

Menurut Kepala Bappeda Sumbawa, Ir H Iskandar MEc Dev, sebagian stafnya sedang berada di lapangan, dan yang lainnya baru saja mengikuti kegiatan Musrenbang di Mataram, “Kemungkinan mereka masih kecapean,” ujar Iskandar.

Baca juga:  Wakil Bupati Sumbawa Jadi Narasumber Temu Usaha dan Pasar Lelang

Pemandangan yang sama juga terjadi di dalam Ruang Sat Pol PP, dimana dari 40 anggota yang piket, hanya 11 anggota saja yang masuk, ditambah unsur pimpinan. Di ruang Staf Ahli, dari 4 kursi Staf ahli yang ada, hanya seorang Staf Ahli yang terlihat sementara yang lainnya tidak berada di tempat. Sidak juga dilakukan di Bagian Administrasi Pemerintahan dan Bagian Aset, termasuk Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa. Di tiga lokasi itu Ketua Komisi I kembali menemukan adanya pegawai yang tidak masuk karena alasan masih Dinas luar, sementara Bagian Umum dan Perlengkapan, Bagiam Humas dan Protokol seluruh stafnya berada ditempat.

Ketua Komisi I DPRD Sumbawa Syamsul Fikri AR SAg MSi ditemui media usai sidak, sangat menyayangkan sikap sebagian Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak disiplin. Padahal kehadiran dan kinerja mereka berpengaruh terhadap jalannya roda pemerintahan. “Seharusnya ASN tahu akan tugas dan kewajibannya, bukan seperti yang terlihat saat ini, Sat Pol PP seharusnya lebih intens melakukan pengawasan  sehingga tidak lagi ditemukan alasan dinas luarlah, Pulang makanlah dan sebagainya,” kata Fikri geram ”

Baca juga:  Seorang Siswa MTs, Hanyut Saat Mandi Di Sungai.

Terhadap kondisi ini kata Fikri, sebagai komisi yang membidangi aparatur pihaknya akan menyampaikan hal ini kepada Bupati untuk menjadi bahan pertimbangan, Hal ini penting, agar apa yang diharapkan semua pihak yakni menuju Sumbawa yang  Hebat dan Bermartabat dapat berjalan sesuai harapan. “Jika mau jabatan surga maka bekerjalah sebaik mungkin, yang bekerja asal–asalan besiap-siaplah mendapat jabatan Neraka. “ tandasnya (KS/YD)