Wabup Buka Kegiatan Sosialisasi Pugar 2016

Date:

Sumbawa Besar. Kabar Sumbawa–Program pengembangan usaha garam rakyat (Pugar) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam rangka pengentasan kemiskinan, yang menjadi salah satu masalah utama kalangan masyarakat pesisir. Khususnya petambak garam di Indonesia dan juga di Kabupaten Sumbawa. Tingkat keberhasilan Program Puga tidak hanya dilihat dari peningkatan kapasitas dan kualitas produksi, namun juga diharapkan mampu meningkatkan kapasitas SDM petambak garam serta perekonomian pelaku usaha garam seperti petambak, pengolah, hingga pada tataran pelaku pemasaran. Sehingga  nantinya diharapkan usaha pergaraman ini dapat menjadi salah satu sumber perekonomian baru, yang dapat meningkatkan daya saing dan kemandirian dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat pesisir di Kabupaten Sumbawa.

 

Wakil Bupati Sumbawa dalam sambutannya mengatakan, Kabupaten Sumbawa telah ditetapkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai salah satu daerah penyangga (buffer) produksi garam dalam rangka mewujudkan swasembada garam nasional. Ditetapkannya Kabupaten Sumbawa sebagai salah satu daerah penyangga garam nasional didasarkan pada potensi dan peluang yang dimiliki. Dimana Kabupaten Sumbawa merupakan wilayah yang paling luas di NTB dengan panjang garis pantai ± 982,65 km dan luas perairan laut termasuk zona ekonomi eksklusif (zee) 74.000 km2.

Baca juga:  Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

 

sementara itu, ketersediaan lahan potensial untuk pengembangan usaha garam di kabupaten sumbawa tercatat seluas ± 3.500 ha, tersebar mulai dari kecamatan alas barat sampai dengan kecamatan tarano yang sampai saat ini baru termanfaatkan seluas ±101 hamelaluiprogram pugar ini.

 

Ditambahkan, kegiatan sosialisasi pengembangan usaha garam rakyat ini merupakan kegiatan awal dalam rangka mensosialisasikan program Pugar tahun 2016,dengan harapan kelompok usaha garam rakyat yang ada memiliki pemahaman, skil dan keterampilan serta berkemampuan menegerial yangbaik dalam mendukungupaya pengembangan, usaha garam rakyat yang dicanangkan pemerintah sehingganantinya diharapkan dapat menjalankan dan mengembangkan usaha mereka dengan baik serta mampu meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan petambak garam dan juga masyarakat pesisir umumnya di Kabupaten Sumbawa.

Baca juga:  6 Hotel Rekomendasi Infont untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

 

Wabup menghimbau kepada masyarakat, khususnya petambak garam  di Kabupaten Sumbawa, untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan dalam program ini, karena ini merupakan salah satu wujud usaha nyata untuk  meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat pesisir dan petambak garam di Tana Samawa yang kita banggakan ini. selanjutnya kepada SKPD terkait dalam program pugar ini, “ Kami berharap tim sosialisasi untuk terus memfasilitasi masyarakat guna mendorong suksesnya program ini dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat, “ tandasnya. (KS/YD)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Pansus DPRD Sampaikan Laporan Pembahasan Ranwal RPJPD 2025-2045

Sumbawa, Kabarsumbawa.com - Pembahasan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan...

Tingkatkan Perlindungan Anak, DPRD Sumbawa Bahas Pembentukan Rumah Aman

Mataram, Kabarsumbawa.com - DPRD Kabupaten Sumbawa berkomitmen meningkatkan perlindungan...

6 Hotel Rekomendasi Infont untuk Akomodasi MXGP Sumbawa 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Seri ke 11 Motocross MXGP...

Pelayanan Truk Sampah Libur Saat Lebaran, Dinas LH Siapkan Kontainer di Sejumlah Titik

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Pelayanan sampah rutin menggunakan dump...