oleh

GOW Sebagai Wadah Upaya Peningkatan Peran Serta Kaum Perempuan

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa – Organisasi wanita merupakan wadah bagi upaya peningkatan peran serta kaum perempuan, hal tersebut disampaikan Ketua GOW Ibu Sofia Noviantri Rayes Mahmud Abdullah di Wisma Daerah Selasa (29/3/2016) pada acara pelantikan pengurus GOW Kabupaten Sumbawa. Acara pelantikan tersebut dihadiri Ketua BK GOW Provinsi NTB, Wakil Bupati Sumbawa, Ketua TP PKK Kab. Sumbawa, Ketua Pengadilan Sumbawa, perwakilan Forkopimda, para Kepala SKPD, dan Organisasi wanita.

 

iklan

Ibu Novi sapaan akrab ketua GOW Sumbawa ini, menjelaskan, “Terpilihnya pengurus GOW Kabupaten Sumbawa merupakan wujud kepercayaan atas kemampuan, wawasan, dan pemahaman organisasi yang dimiliki. Tentunya kepercayaan tersebut harus dijawab dengan kerja nyata yang merupakan manifestasi dari berbagai harapan anggota GOW Kabupaten Sumbawa yakni agar GOW lebih baik dan lebih maju di masa-masa mendatang. GOW memiliki kapasitas dan segmen keanggotaan yang sangat penting yaitu organisasi wanita. Dimana organisasi wanita merupakan wadah bagi upaya peningkatan peran serta kaum perempuan. Untuk mengelola potensi yang dimiliki kaum perempuan, mari kita semua berkomitmen untuk terus mendorong GOW dalam melahirkan dan melaksanakan rencana-rencana kerja strategis sehingga pencapaian tujuan dapat menjadi lebih efektif dan efisien.  Salah satu hal yang masih tetap mendapatkan perhatian dari para pengurus GOW adalah masalah pendidikan kaum perempuan yang masih harus terus ditingkatkan dan masalah kesehatan ibu hamil dan menyusui karena hal tersebut merupakan faktor yang sangat menentukan bagi terciptanya generasi penerus yang berkualitas di masa-masa mendatang. Untuk itu, saya mengajak segenap pengurus GOW Kabupaten Sumbawa untuk bersama-sama membangun team work yang baik yang dapat berkolaborasi dalam menjalankan program kerja dan mampu berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya sehingga dapat mendukung pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Sumbawa yang hebat dan bermartabat”, kata Ibu Novi dalam sambutannya saat melantik pengurus GOW Kabupaten Sumbawa.

 

Ketua BK GOW Provinsi NTB Hj. Syamsiah Muhammad Amin dalam sambutannya menyampaikan, “seluruh organisasi wanita yang hadir untuk benar – benar menyimak  sosialisasi tentang peningkatan laki- laki dan wanita. Hal ini dilakukan karena  akhir – akhir ini banyak kasus kekerasan yang terjadi dalam masyarakat maupun dalam keluarga, yang rata – rata kaum perempuan selalu disalahkan. Oleh karena itu saya berharap kita sebaagi kaum perempuan tidak boleh lengah apabila ada kekerasan didalam keluarga dan di masyarakat. Segera laporkan kepada pihak yang berwajib agar para pelaku tidak berulang untuk melakukan kekerasan di dalam rumah tangga. Karena didalam undang – undang kita mempunyai hak untuk melindungi diri, oleh karena itu jadilah perempuan yang tangguh dan hebat seperti yang diharapkan oleh pemerintah”, harapnya.

Baca juga:  Tagih Pempus, Rehab-Rekon Ditargetkan Tuntas Sebelum Puasa

 

“Saya salut kepada organisasi wanita khususnya perempuan karena tanpa kita sadari bahwa dari hasil survey nasional, perempuan paling banyak mendistribusikan income. Program kita kedepan adalah bagaimana menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian anak serta buta aksara. Semua tidak bisa dipungkiri, dan inilah tugas organisasi wanita, bagaimana caranya agar masyarakat tidak melakukan pernikahan dibawah umur karena ini ada hubungannya dengan angka kematian ibu. Berkaitan dengan Gerakan Indonesia Berseri, yang erat hubungannya dengan kebersihan dan sampah yang selalu berserakan dimana – mana. Saya harapkan agar ibu – ibu bisa mengadakan gerakan jum’at bersih, misalnya dengan bergabung dengan SKPD, Camat dan Lurah untuk melakukan gotong – royong sebagaimana yang kami lakukan di  BKB Provinsi NTB yaitu gerakan serempak dengan bekerja sama dengan seluruh SKPD dan organisasi wanita dan kami pun membagi tugas, sehingga dengan mengadakan gerakan kebersihan tersebut berarti masyarakat akan terlihat bersih. Dengan dilantiknya pengurus GOW Kab. Sumbawa, saya berharap agar benar – benar dilaksanakan dengan baik dalam menjalankan program – program pencegahan perkawinan usia dini, bahaya narkoba, bahaya penularan HIV Aids, dan maraknya predator anak,” tutur Ketua BK GOW Provinsi NTB.

Baca juga:  UPT Kerbau Butuh Peningkatan Sarpras

 

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Sumbawa sesungguhnya memiliki potensi sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang potensial untuk dikembangkan. Hanya saja upaya ke arah itu masih perlu terus ditingkatkan dengan melibatkan semua unsur yang ada, termasuk kaum perempuan dengan cara ikut serta berperan aktif dalam berkarya dan turut membantu pemerintah daerah dalam akselerasi penuntasan berbagai program pembangunan seperti penuntasan wajib belajar pendidikan dasar, peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya kesehatan ibu dan anak, maupun upaya peningkatan sosialisasi pola hidup bersih dan sehat. Karena terbukti selama ini kaum perempuan lebih peka, lebih mengerti dan lebih berpengalaman pada kegiatan-kegiatan tersebut. Selain itu, GOW juga diharapkan mengambil peran dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga, sehingga bila masing-masing keluarga sejahtera, maka otomatis pembangunan dan kesejahteraan masyarakat akan tercapai. “Sehubungan dengan pelantikan pengurus GOW hari ini, saya mengajak kepada ibu-ibu sekalian agar memanfaatkan momen ini untuk melakukan introspeksi sejauh mana kita telah berjuang untuk menyumbangkan tenaga dan pikiran, menyuplai ilmu, wawasan dan pengalaman kita untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Karena itu, saya sangat mengharapkan kepada pengurus GOW yang baru untuk lebih berkomitmen melaksanakan kegiatan-kegiatan positif, sehingga ke depan, eksistensi dan integritas gerakan organisasi wanita Kabupaten Sumbawa dapat menjadi panutan dan teladan bagi segenap masyarakat Sumbawa. Terkait dengan hal-hal positif yang telah dilakukan pengurus sebelumnya hendaknya dapat dipelihara dan ditingkatkan, adapun jika terdapat hal-hal yang belum berjalan dengan baik agar dapat diperbaiki dan disempurnakan kembali”, tutur Haji Mo sapaan akrab Wakil Bupati Sumbawa.