oleh

Komoditas Rumput Laut, Ikan Kerapu Dan Udang Dioptimalkan Pengembangannya

Ir. H. Junaidi, MSi
Ir. H. Junaidi, MSi
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Potensi sumber daya bidang Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa cukup menjanjikan. Komoditas  udang, Ikan kerapu dan rumput laut menjadi komoditas unggulan daerah yang akan dioptimalkan penanganannya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Junaidi, MSi mengatakan,  budi daya ikan kerapu dengan system jaring apung yang dikembangkan oleh kelompok nelayan di Pulau Bungin Kecamatan Alas sudah cukup berkembang, demikian pula budi daya rumput laut yang dikembangkan di wilayah perairan Batu Guring Kecamatan Alas Barat. Hanya saja, kelompok budi daya rumput laut dan Ikan Kerapu masih mengalami kendala dalam hal memperoleh bibit unggul.

iklan

Menghadapi kendala  terbatasnya bibit unggul kata Junaidi, Diskanlut akan mengusulkan didirikannya  balai pembenihan rumput laut dan pembenihan ikan kerapu untuk memenuhi tersedianya bibit unggul, sehingga budi daya yang dilakukan membuahkan hasil yang optimal.

Baca juga:  312 Pasang Kerbau, Ikuti Lomba Barapan Kebo Akbar Dalam Rangka HUT TNI

Selain itu, untuk meningkatkan pendapatan dan memberikan nilai tambah bagi masyarakat, pihaknya juga akan mengusulkan pabrik pengolahan rumput laut kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan. “Selama ini rumput laut dijual dalam bentuk bahan mentah, dengan dibangunnya pabrik pengolahan minimal produk yang dikirim setengah jadi, sehingga memberikan nilai tambah bagi petani,” ujarnya.

Ditambahkan, Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu kabupaten terkaya dalam hal sumber daya kelautan dan perikanan, dengan adanya balai pembenihan kulitas yang dihasilkan juga akan meningkat. (KS/YD)