oleh

Tahun Ini Dua Pasar Akan Dibangun Di Sumbawa

Zainal Abidin
Drs. Zainal Abidin
Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Dua buah pasar di Kabupaten Sumbawa akan mulai dikerjakan pembangunannya tahun ini. Kedua pasar tersebut yakni pasar Perenang di Kecamatan Buer dan sebuah pasar lainnya di Kecamatan Alas Barat.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sumbawa, Drs. Zainal Abidin menjelaskan, pembangunan kedua pasar tersebut mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Untuk pasar di Kecamatan Alas Barat mendapatkan bantuan dari Kementrian Pembangunan Desa Tertinggal (PDT) senilai 1 Miliar Rupiah, yang dialokasikan bagi pembangunan 20 kios dan 2 los pasar. Sementara untuk pasar Perenang di Kecamatan Buer mendapat bantuan senilai 1 Miliar Rupiah dari Kementrian Koperasi dan Usaha Menengah Kecil dan Mikro ( Kemenkop dan UMKM) yang akan dialokasikan bagi pembangunan 2 los pasar dan 20 kios. Khusus untuk rencana pembangunan pasar Alas Barat lokasinya telah dipersiapkan seluas 1,20 hektar, sementara untuk pasar Perenang lahan yang tersedia sekitar 40 are.

Baca juga:  Masih Ada Kasus Pasung di Sumbawa

Selain kedua pasar tersebut kata Zainal, tahun ini Diskoperindag juga akan melakukan renovasi total Pasar Labuhan Sumbawa, rencana relokasi pasar Uthan, termasuk berbagai usulan pembangunan pasar seperti pasar di Kecamatan Moyo Utara, Pasar Tolo Oi di Kecamatan Tarano serta renovasi Pasar Empang yang terbakar beberapa waktu lalu.

Dikatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan pengamatan pada sejumlah titik pasar potensial untuk nantinya dapat dikembangkan menjadi sebuah pasar, sehingga roda perekonomian di sebuah wilayah dapat berkembang. “Khusus untuk usulan pembangunan pasar yang sudah memiliki lokasi ini akan segera ditindaklanjuti, karena syarat utama pembangunan sebuah pasar harus ada lokasi,” tandasnya. (KS/YD)

iklan bkbpp

News Feed