oleh

Terjadi Salah Persepsi Soal Tidak Diundangnya Tim Relawan Pada Pembahasan Musrenbang

Husni Jibril
H. M. Husni Jibril, BSc
Bupati Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Tidak diundangnya tim relawan Husni-Mo pada proses pembahasan Pra Musrenbang di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, bukan berarti tim relawan ditinggalkan. Adapun pembahasan yang dilaksanakan melibatkan SKPD terkait yang menangani program pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa. Sehingga tidak perlu adanya kesalahpahaman, yang menyatakan bahwa tim relawan tidak dilibatkan dalam proses musrenbang.

Bupati Sumbawa, H. M. Husni Jibril, BSc ditemui usai kegiatan pencanangan Kampung Sahabat KB di Dusun Batu Nisung Kecamatan Labuhan Badas mengatakan, tugas musrenbang merupakan tugas pemerintahan dalam rangka mengaplikasikan dan merealisasikan usulan-usulan yang disampaikan masyarakat mulai dari tingkat desa, kecamatan dan kabupaten.

iklan kampanye

Bupati mengatakan, dalam setiap kesempatan dirinya menyatakan bahwa tim relawan tidak pernah dibubarkan. Hal ini sesungguhnya dimaksudkan agar terjadi proses kontrol yang dilakukan oleh masyarakat dalam hal ini, termasuk juga para relawan. Musrenbang adalah program kerja yang dilaksanakan pemerintah berdasarkan usulan yang disampaikan masyarakat. Sehingga tidak benar jika pembahasannya dilakukan bersama tim relawan. Adapun usulan relawan untuk hadir di acara pembahasan ini diperbolehkan, namun bukan berarti terlibat langsung dalam proses musrenbang di tingkat Kabupaten. “Tim relawan bisa mengusulkan bersama masyarakat lain untuk menyampaikan usulan melalui musrenbang tingkat desa dan kecamatan, jangan sampai terjadi lagi salah persepsi seperti ini,” harap Bupati.

Baca juga:  Lima Lembaga Penyiaran di EDP KPID

Ditambahkan, sekarang ini masih dalam tahap pra musrenbang, sedangkan musrenbang baru dilaksanakan pada Tanggal 23 Maret mendatang. Pihaknya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk dapat mengawasi dengan memberikan masukan-masukan, dan jika berkesempatan bupati juga mengundang masyarakat dan tim relawan untuk hadir. “ Saya mengundang langsung tim relawan dan masyarakat untuk hadir pada musrenbang mendatang,” tambah Bupati.

Terhadap hal ini, bupati juga menyampaikan terima kasih kepada tim relawan, karena ini sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi terhadap pemerintahan. “Saya menyambut baik tanggapan dari para tim relawan, dan mari bersama-sama kita wujudkan pembangunan Sumbawa yang hebat dan bermartabat. Jangan lagi terjadi salah persepsi apalagi salah kaprah,” tandasnya. (KS/YD)

Baca juga:  Bappenda Gandeng Kompak Gelar Bimtek Aplikasi Krisna Pengusulan Proposal DAK 2020