oleh

Batu Guring Akan Dijadikan Pusat Wisata Kuliner Di Alas Barat

Amri
H. Amri, M. Si
Kepala Dinas Pemuda Olah Raga, Budaya dan Pariwisata

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Batu Guring yang selama ini banyak menjadi sorotan masyarakat karena aktifitasnya yang cenderung mengarah pada hal-hal negatif, kini akan dirubah menjadi pusat wisata kuliner di Kecamatan Alas Barat. Bahkan beberapa dinas akan berkolaborasi mengemas lokasi tersebut menjadi tempat wisata yang representatif.
Kepala Dinas Pemuda Olah Raga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Sumbawa, H. Amri, M. Si menjelaskan, untuk menjadikan Batu Kuring sebagai pusat kuliner di Alas Barat, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan dinas lainnya, termasuk Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perhubungan, Dinas Kehutanan serta Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.
Dikatakan, pembangunan yang dilaksanakan secara terkoordinasi dan terintegrasi diharapkan dapat menciptakan peluang-peluang ekonomi bagi masyarakat disekitarnya. Untuk tahap pertama akan dibangun beberapa gazebo, yang nantinya dilanjutkan dengan pembangunan dermaga sebagai tambatan perahu, pembangunan los-los, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya. “Anggarannya sedang dibahas, dan direncanakan Tahun 2017 mendatang sudah mulai action,” kata Amri.
Pembangunan Batu Guring menjadi pusat wisata kuliner juga akan terintegrasi dengan pengembangan wisata Pulau Kalong, sehingga peran dinas lainnya sangat dibutuhkan. “Mudah-mudahan ini akan segera terealisasi,” tandasnya. (KS/YD)