oleh

Ratusan Hektar Tanaman Padi Di Kecamatan Alas Terserang Hama

ilustrasi padi terserang hamaSumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Ratusan hektar tanaman padi di kecamatan Alas terserang hama. Akibat serangan hama wereng coklat, blast dan hama patah leher tersebut, banyak petani memanen padinya lebih awal.

Lukmanuddin S.Sos
Lukmanuddin S.Sos
Camat Kecamatan Alas

Camat Alas Lukmanuddin S.Sos membenarkan adanya kejadian tersebut, untuk mengatasi kondisi itu pihaknya bersama KUPT Dinas Pertanian setempat dalam telah melakukan pengecekan di lapangan. Dari hasil pendataan yang dilakukan terdapar sekitar ratusan hektar yang terserang hama. Serangan tidak terjadi pada satu lokasi, tetapi tersebar di beberapa lokasi lainnya. “Dari data dan laporan dari 20 kelompok tani di Kecamatan Alas, terdapat Ratusan hektar tanaman padi petani yang terserang hama seperti Wereng Coklat dan Blast (patah di bagian Leher tanaman),” ujar Camat.

iklan kampanye

Akibat serangan hama tersebut kata Camat, sebagian petani harus memanen padinya lebih awal dari yang dijadwalkan, karena di khawatirkan akan gagal panen. Empat lokasi yang terparah terdapat di Orong Tengah, Orong Rea, Talongo dan sebagian wilayah Marente.

Baca juga:  Melanggar, Seorang Kades Bakal Disanksi

Dikatakan, data sementara yang dihimpun petugas lapangan menyebutkan, bhawa kondisi ini dipengaruhi terjadinya cuaca ektrem pada puncak musim hujan. Selain petani yang kurang mematuhi aturan yang telah disarankan petugas penyuluh pertanian, seperti tidak menyeragamkan penanaman bibit varietas tertentu yang tahan terhadap hama dan kondisi cuaca.

Ditambahkan, upaya penanganan sementara yang dilakukan saat ini adalah melakukan pembinaan serta anjuran untuk penyeragaman varietas bagi setiap petani. Hal ini dimaksudkan agar pada musim kedua penanaman tidak lagi terjadi kondisi serupa, termasuk menyepakati aturan pola tanam sehingga petani tidak merugi. (KS/YD)