oleh

Pengembangan Teluk Saleh Disesuaikan Dengan Daya Dukung

H. Junaidi, M.Si
H. Junaidi, M.Si
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa,

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa—Teluk Saleh yang disebut sebagai akuarium dunia, mengandung kekayaan potensi laut yang sangat luar biasa. Sehingga langkah pengembangan yang dilakuksanakan harus disesuaikan dengan daya dukung.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa, H. Junaidi, M.Si mengatakan, bahwa kondisi perairan Teluk Saleh sangat strategis. Selain karena letaknya yang sangat luas, Teluk Saleh juga merupakan perairan yang dilalaui dua pergeseran arus, yakni arus Barat dan arus Timur. Adanya pergeseran dua arus tersebut menyebabkan banyaknya perkembangan planton yang merupakan sumber makanan ikan. Sehingga banyak jenis ikan berkembang biak di perairan Teluk Saleh.

Dikatakan, banyaknya jenis ikan di kawasan perairan Teluk Saleh secara ekonomi diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap desa-desa pesisir yang ada di kawasan Teluk Saleh. Sehingga langkah pengembangannyapun harus dilakukan secara baik, bijak dan terintegrasi. Karena kawasan Teluk Saleh nantinya bukan hanya menjadi kebanggaan Kabupaten Sumbawa saja, namun kana menjadi kebanggaan nasional. “Kami berharap pengembangan Teluk Saleh ini akan lebih fokus dilaksanakan dan disesuaikan dengan daya dukung yang ada,” ujar H. Jun.

Baca juga:  Ketua DPRD Sumbawa Apresiasi Kinerja BNN dan Kepolisian

Terkait pengembangan Teluk Saleh ini, kata Junaidi, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi terkait rencana sonasi yang akan diberlakukan. Sehingga nantinya akan lebih memperjelas dan mempermudah penataannya. “Wilayah mana yang merupakan kewenangan daerah, wilayah mana yang merupakan kewenangan pemerintah provinsi, dan wilayah mana yang tidak boleh nantinya akan tergambar jelas peruntukan dan pemanfaatannya,” kata Junaidi.

Ditambahkan, wilayah perairan Teluk Saleh merupakan open akses sehingga perlu adanya regulasi untuk mengaturnya, dengan membuat rencana sonasi. Jika regulasinya telah ada maka nantinya akan tepetakan mana perairan untuk pengembangan rumpon, budi daya rumput laut, penangkapan dengan jaring, kemudian wilayah mana yang boleh dilalui kapal besar, dan lain sebagainya. Sehingga kekayaan laut Teluk saleh akan terpelihara dengan baik. (KS/YD)

iklan bkbpp

News Feed