oleh

Tahun Ini, Jalan Provinsi di Sumbawa Akan Diperbaiki

Suasana depan Pasa SeketengSumbawa Besar, Kabar Sumbawa — Sejumlah ruas jalan Propinsi yang berada di dalam Kota Sumbawa, tahun ini akan dilakukan perbaikan. Pasalnya ruas jalan milik Provinsi NTB yang ada di Kabupaten Sumbawa dalam kondisi kritis dan patut mendapat perhatian, seperti ruas jalan Sudirman yang berada di belakang pasar Seketeng hingga ke arah Raberas yang kerap digenangi air hujan sehingga kondisinya memprihatinkan.

Jamaluddin Maladi
Jamaluddin Malady ST
Kepala Balai Pemeliharaan Jalan Propinsi NTB

Kepala Balai Pemeliharaan Jalan Propinsi NTB, Jamaluddin Malady ST, Senin 14/3/2016 mengatakan, tahun ini ada sekitar 500 meter jalan yang akan di dihotmix yaitu jalan dari Blok M yang mengarah ke Raberas. Di lokasi tersebut yang menjadi prioritas saat ini untuk di permanenkan. pasalnya sudah beberapa kali dilakukan perbaikan tetapi tetap saja rusak. Dari fakta yang ada dilapangan pihaknya berkesimpulan bahwa sekuat apapun jalan yang diaspal jika selalu digenangi air beberapa hari maka akan hancur. Selain masalah genangan air ketika musim penghujan, pihaknya juga mendapatkan sebuah fakta dari hasil survey di lokasi tersebut pihaknya, menemukan adanya kerusakan pipa PDAM. Air yang keluar dari pipa tersebut merembes ke badan jalan sehingga setiap hari jalan tersebut akan terlihat basah. “Apabila aspal tersebut tetap dalam kondisi basah maka jalan yang beaspal tersebut akan rusak, karena tidak bisa mengikat batu,” ungkapnya Jamal Ready sapaan akrab Kepala Balai Pemeliharaan Jalan Pemprov NTB tersebut.
Perlu diketahui lanjutnya, untuk jalan provinsi yang ada Sumbawa yaitu, jalan dari bandara Sultan Kaharuddin III sampai ke Batu Dulang. Kemudian dari Blok M di Lawang Gali sampai dengan, Rebares, Moyo dan Lu’ air. kesemua jalan provinsi tersebut saat ini sudah di hotmix hanya saja ada beberapa jalan yang belum di hotmix.
Disamping ada perbaikan dan pemeliharaan rutin ruas jalan terhadap beberapa jalan provinsi terutama di daerah Plampang dan Labangka. Ada juga pemeliharaan drenase jalan yang dilakukan pihaknya setiap tiga bulan sekali. Sementara untuk jalan jalan provinsi yang lain hanya dilakukan dalam skala sporadic saja. Artinya bahwa jalan jalan yang berlubang akan di tambal, jelasnya.

iklan debat
Baca juga:  Bupati Sumbawa Lepas 48 Peserta Jambore Nasional