oleh

Mematangkan Persiapan, Muzakara Rea LATS Ditunda Mei 2016

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa– Muzakara Rea Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) yang rencananya akan dilaksanakan awal Maret kini diundur hingga Mei 2016. Pengunduran jadwal Muzakara Rea tersebut dimaksudkan guna lebih mematangkan persiapan.

Syukri Rahmad, S.Ag
Syukri Rahmad, S.Ag
Sekretaris LATS Kabupaten Sumbawa

Sekretaris LATS Kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmad, S.Ag menjelaskan bahwa penundaan waktu tersebut guna lebih mematangkan persiapan yang dilakukan. Saat ini pihaknya tengah mempersiapakan berbagai hal yang berkaitan faktor tekhnis dan non tekhnis, termasuk merampungkan materi Muzakara.

iklan kampanye

Dikatakan, Beberapa hari ini pihaknya telah melakukan rapat dalam rangka membahas unsur kepanitian, termasuk materi yang akan dibahas dalam Muzakara Rea, antara lain menyangkut evaluasi program kerja LATS, AD/ART, penyusunan program kerja 2016-2021, dan tema-tema diskusi, serta mendata tokoh-tokoh Sumbawa yang akan diundang untuk memberikan pencerahan dengan melakukan diskusi. “Berbagai isu strategis termasuk juga kesiapan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Global Warming, dan berbagai tema akan menjadi topik bahasan untuk mencari solusi terbaik.” Ujar Syukri

Baca juga:  Investasi Bidang Property Di Sumbawa Makin Menggeliat

Dalam Muzakarea Rea kali ini, kata Syukri juga akan dilakukan penyegaran pengurus, beberapa bidang (paboat) akan dicoba untuk dilakukan peninjauan, termasuk pula penyegaran pengurus. “Yang pasti di dalam Muzakara itu nantinya akan bermusyawarah tentang banyak hal di bawah koridor Tau dan Adat Tana Samawa.

Dijelaskan, selain LATS Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat, panitia Muzakara juga akan mengundang tamu dari kesultanan lain, termasuk ketua lembaga adat yang secara fisiologi pernah menjalin hubungan dengan Kesultanan Sumbawa. “Minimal mereka hadir sebagai pemantau.” Jelasnya.

Dipastikan Muzakara Rea akan dilaksanakan tanggal 5–7 Mei di Istana Dalam Loka. “Semoga Muzakara Rea bisa berjalan lancar dan sukses, demi kemajuan Tau dan Tana Samawa” tandas Syukri. (KS/YD)

Baca juga:  Bupati Sumbawa, "Ajak Masyarakat Waspadai Gafatar,"