oleh

PIN 2016, Wujudkan Kabupaten Sumbawa Bebas Polio

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa — Untuk mensukseskan program pemerintah dalam memberantas virus polio pada anak usia dini, Kementerian Kesehatan RI menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) serentak di seluruh Indonesia. Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) di Kabupaten Sumbawa dipusatkan di Puskesmas kelurahan Brang Biji Selasa 8 Maret 2016.

Bupati Sumbawa H.M. Husni Djibril, B.Sc dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional tahun 2016 memiliki nilai yang srategis bagi Kabupaten Sumbawa dan Bangsa Indonesia, karena program tersebut memiliki tujuan  untuk memantapkan eradikasi polio di Indonesia dengan mempertahankan cakupan imunisasi polio lebih besar atau sama dengan 95%, dan untuk melindungi balita Indonesia dari kemungkinan penularan polio karena virus polio import.

iklan

“Sumbawa saat ini berada dalam jalur trans nusantara yang setiap hari dilalui oleh kendaraan yang dari Jawa (bahkan Sumatera) ke NTT. Daerah kita sangat strategis untuk tempat peristirahatan sementara (transit). Posisi yang strategis ini di satu sisi menguntungkan kita, namun di sisi lain harus kita waspadai karena berpeluang sebagai tempat transfer penyakit, termasuk penyakit polio yang kita perangi bersama saat ini.  Melalui kesempatan itu, Haji Husni sapaan akrab Bupati Sumbawa, mengajak seluruh masyrakat Kabupaten Sumbawa untuk mendukung pelaksanaan pekan imunisasi nasional dengan membawa anak-anak  yang berusia 0-59 bulan agar datang ke Pos PIN terdekat untuk mendapatkan imunisasi polio, supaya Kabupaten Sumbawa Bebas Polio dapat terwujud.

Baca juga:  Dinas PU Diminta Tinjau Kondisi Jembatan Alas

Sebelumnya, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Drs. Didi Darsani, Apt dalam laporannya menyampaikan, PIN digelar dalam rangka mempertahankan cakupan imunisasi polio lebih besar dari 95%, serta melindungi balita Indonesia dari kemungkinan penularan virus polio import. Sasaran PIN Polio tahun ini adalah balita usia 0 – 59 bulan, jumlah sasaran riil berdasarkan pendataan hingga hari ini pukul 07.00 wita sebanyak 40.877 jiwa. Pemberian imunisasi polio dilaksanakan di pos PIN dengan jumlah pos PIN di Kabupaten Sumbawa sebanyak 750 pos yang tersebar di posyandu, rumah sakit, pasar, terminal, pelabuhan laut di Badas, Bandara Sultan Kaharuddin III. Metode imunisasi adalah pemberian vaksin polio secara ditetes mulut sebanyak 2 tetes. Pelaksana layanan imunisasi adalah petugas kesehatan yang sebelumnya telah diberikan orientasi tentang pelaksanaan imunisasi polio serta dibantu oleh kader kesehatan di masing – masing desa/ dusun untuk kegiatan pencatatan, penulisan, dan pendistribusian undangan ke orang tua sasaran, serta pengarahan sasaran ke pos PIN terdekat. Jumlah petugas yang terlibat sebagai vaksinator sebanyak 750 orang serta kader kesehatan sebanyak 2250 orang. PIN akan dilaksanakan secara serentak mulai tanggal 8 hingga 15 maret 2016. Meskipun secara nasional dilaksanakan selama sepekan, namun di Kabupaten Sumbawa PIN akan dilaksanakan selama 5 hari yaitu 8 hingga 12 maret 2016.

Baca juga:  Parade Melala Ramaikan Peringatan 1 Muharam 1437 H

Selain pencanangan pekan imunisasi nasional di Kabupaten Sumbawa, Bupati juga  menyerahkan “Reward Desa Basno” dari Gubernur Nusa Tenggara Barat kepada 10 orang kepala desa yang mampu memimpin dan mengantar warga desanya untuk berperilaku tidak lagi membuang air besar sembarangan. Adapun sepuluh desa tersebut diantaranya, Kelurahan Lempeh Kecamatan Sumbawa, Desa Satoe Berang Kecamatan Utan, Desa Luar Kecamatan Alas, Desa Banda Kecamatan Tarano, Desa Mamak Kecamatan Lopok, Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir, Desa Batu Bulan Kecamatan Moyo Hulu, Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu, Desa Luk Kecamatan Rhee, dan Desa Kalimango Kecamatan Alas.

iklan