oleh

Pekan Imunisasi Nasional Polio 2016 Digelar

Sumbawa Bebas Polio 2016Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa — Pencanangan Program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) bebas Polio tahun 2016 digelar. untuk tahun ini, pencanangan program tersebut akan dilakukan di UPT Puskesmas Unit II Brang Biji. Kagiatan ini juga direncanakan akan dibuka oleh Bupati Sumbawa HM Husni Jibril BSc, Selasa (8/3). Untuk PIN tahun ini akan mulai dilaksanakan dari tanggal 8 sampai 13 Maret, di lokasi-lokasi yang telah di tetapkan.

Kepala Dinas Kesehatan Kab Sumbawa
Drs Didi Darsani Apt
Kepala Dinas Kesehatan Kab Sumbawa

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Drs Didi Darsani Apt yang di konfirmasi Wartawan di ruang kerjanya, Senin (7/2) kemarin mengatakan, pencanangan program ini akan dilakukan di UPT Puskesmas Unit II Brang Biji, kegiatan ini akan dibuka secara resmi oleh Bupati Sumbawa HM Husni Jibril BSc. Sementara untuk di Kecamatan yang lainnya juga akan melakukan hal yang serupa dan mulai hari ini, pelayanan terhadap PIN akan dilakukan. Karena kegiatan tersebut hanya seminggu jadi diharapkan pelaksanaan program ini bisa berjalan dengan sukses. “saya berharap kegiatan ini bisa berjalan lancer dan sasaran PIN bisa mencapai target yaitu 100 persen anak balita,” ungkapnya.

Baca juga:  Kontak Dengan Pasien Positif, Empat Warga Labuhan Bontong Positif Covid-19

Sementara itu lanjut Drs Didi-Sapaan akrabnya, urgensi dari kegiatan ini agar anak-anak balita jangan sampai terjadi penyakit Lumpuh Layu. Artinya bahwa, melalui kegiatan ini bisa dikatakan sebagai kegiatan untuk menyelamatkan anak-anak. Karena apabila anak-anak ini terkena penyakit ini bisa berdampak fatal yang akan menyebabkan kematian, kalaupun hidup anak-anak tersebut akan hidup dalam kecacatan. “alhamdulillah boleh dikata kalaupun ada penyakit tersebut, sangat kecil sekali, tetapi kalau sudah kena tidak dapat dipulihkan, “ ujarnya, seraya mengatakan, oleh karenanya sebelum terjadinya hal demikian pihaknya melakukan antisipasi awal munculnya penyakit ini. Bahkan Indonesia sendiri sudah menuju kearah bebas Polio, tetapi penyakit ini berupa virus yang menular maka perlu ada antisipasi supaya tidak terjadi hal demikian.

Baca juga:  MUI Kabupaten Sumbawa Dampingi Proses Imunisasi MR

Di akhir wawancara Kadis berharap kepada seluruh masyarakat untuk segera membawa balitanya dari umur 0-56 bulan ke Pos PIN terdekat untuk dilakukan imunisasi Polio. “jadi manfaatkan waktu seminggu ini untuk menyelamatkan anak-anak agar anak-anak Indonesia supaya bebas dari Polio,” pungkasnya.

iklan bkbpp

News Feed