oleh

Optimalkan Personil, Polisi Gelar Pelatihan SAR

pelatihan sarSumbawa Besar, Kabar Sumbawa — Dalam rangka memaksimalkan Fungsi personil, anggota Polres Sumbawa menggelar pelatihan Search And Rescue (SAR). Kegiatan ini dilaksanakan, untuk mengasah kemampuan anggota polres setempat apabila terjadi bencana. Khususnya pada bencana air atau di laut, kegiatan yang dilaksanakan di kawasan sungai Kelurahan Brang Biji hingga muara sungai di Labuhan Sumbawa. Berbagai macam peralatan keperluan SAR disiapkan. Baik itu berupa pelampung, tandu hingga kanoe. Dalam kegiatan itu, anggota Satuan Sabhara Polres Sumbawa ini dilatih cara menangani korban bencana di air atau di laut.

Wakapolres Sumbawa Kompol Yuyan Priatmaja, SIK yang di konfirmasi wartawan mengatakan, latihan ini bertujuan meningkatkan kemampuan anggotanya dalam pelaksanaan SAR. Terutama jika terjadi bencana latihan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan anggotanya. Apalagi sekarang memasuki puncak musim penghujan. Jadi dilakukan pelatihan menggunakan peralatan SAR. Selain itu anggotanya juga dilatih dalam mengevakuasi korban jika terjadi bencana di air atau di laut.

Kompol Yuyan, akrab perwira murah senyum ini mengatakan, polisi memiliki tugas untuk melindungi dan mengayomi masyarakat. Salah satu bentuknya adalah membantu jika terjadi bencana. Selain itu, dalam program Quick Win Polri terdapat Satgas Sembilan. Yakni Satgas Penanggulangan Bencana. Karena itu, pihaknya menggelar latihan SAR. ‘’Kami harus siap dan sanggup, apabila terjadi bencana,” ujarnya.

Menurutnya, sejauh ini, di Sumbawa sendiri polisi belum dimintai bantuan dalam penanggulangan bencana oleh BPBD atau Dinas Sosial. Meski demikian, pihaknya tetap berkoordinasi dengan instansi terkait. Dalam hal bencana, pihaknya juga tidak perlu dimintai bantuan untuk turun ke lapangan dan membantu masyarakat. Tapi dengan kesadaran bersama pihaknya akan turun untuk membantu apabila terjadi bencana.

berita TERKKINI