oleh

Dinkes Tangani 89 Kasus Suspect dan 18 Positif DBD

Waspada Demam BerdarahSumbawa Besar, Kabar Sumbawa — Kasus yang sering di sebabkan oleh datangnya musim penghujan yaitu penyakit Demam Berdarah (DBD). Bahkan dari dari data yang berhasil di himpun Kabar Sumbawa menyebutkan bahwa, sampai dengan saat ini sudah ada 89 suspect DBD dengan 18 kasus positif yang di tangani oleh dinas kesehatan. Hal tersebut juga senada dengan apa yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (dinkes) melalui Sekretaris Dinas Junaidi Apt.,M.Si, yang di hubungi via telephone, Minggu (21/2) kemarin.
Dari data yang saat ini sudah ada 18 kasus positif DBD yang sudah di tangani oleh Dinas Kesehatan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa. dengan rincian data labuhan Badas terduga (Suspect) DBD ada 3 orang sementara 1 orang positif DBD. Unter Iwes Suspect 3 tidak ada yang positif, Alas Barat 1 positif, Moyo Utara 1 kasus dan positif DBD. Kecamatan terbanyak yaitu Lape dengan 58 suspect dan 9 positif, Puskesmas Unit 1 suspect 9 dan 3 positif, Puskesmas unit II Brang Biji, Suspec 2 dan dua-duanya positif. Moyo Hilir Suspect 2 dan fositive 1, Utan Suspect 1, Moyo Hulu 2 Suspect, Lenangguar 1 suspect, Plampang suspect 1, Maronge 3 Suspect. Sehingga total jumlah penderita DBD sampai dengan hari ini (Kemarin, Red) ada 89 kasus Suspect dengan 18 yang fositive DBD.
Tentunya dari data yang ada tersebut belum bisa di kategorikan sebagai Keadaan yang luar biasa (KLB) karena belum ada yang meninggal yang di akibatkan oleh DBD itu sendiri. Tidak hanya itu jumlah kasus yang ada saat ini juga masih di bawah tahun tahun sebelumnya. “inikan jauh di bawah tahun sebelumnya jadi belum bisa dinyatakan KLB,”ungkapnya, seraya menghimbau kepada masyarakat untuk berprilaku sehat dan menjaga lingkungan. Artinya bahwa untuk meminimalisir hal tersebut terjadi ada beberapa hal yang bisa dilakukan selain melalui foging. Yaitu dengan cara BSN (berantas sarang nyamuk) melalui 3 M (menguras, mengubur, dan menutup) sementara untuk foging sudah SOP yang mengatur hal tersebut.

iklan bkbpp

News Feed