oleh

Antisipasi Terorisme, Polres Sumbawa Tingkatkan Patroli Bersenjata

Kapolres Sumbawa
AKBP Muhammad, SiK
Kapolres Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa — Setelah kejadian penggerebekan dan menembak mati terhadap terduga terorisis atas nama Fajar Alias Chan alias Muhammad Fuad beberapa hari yang lalu di Bima yang dilakukan oleh Densus 88 Mabes Polri, bersama dengan Subden A Brimob Bima dan Polres Bima Kota.
Polres Sumbawa akan meningkatkan kegiatan patroli dengan bersenjata lengkap. hal tersebut dilakukan guna meminimalisir serta mengantisipasi masuknya jaringan teroris ke kabupaten Sumbawa,
Kapolres Sumbawa, AKBP Muhammad, SiK, saat ditemui wartawan Sabtu (19/2), mengatakan, untuk meminimalisir dan mengantisipasi masuknya jaringan teroris ke kabupaten Sumbawa pihaknya akan meningkatkan patroli skala besar dengan menggunakan senjata lengkap. “kita melakukan hal demikian untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan terjadi, karena daerah ini (Sumbawa) merupakan perbatasan lansung dengan Bima dan Dompu. Oleh karenanya kita perlu tingkatkan patroli,” ungkap Kapolres.
Kapolres juga menyebutkan bahwa, dari hasil monitor dan laporan yang dilakukan pihaknya di tingkat polsek sejauh ini belum ada kegiatan-kegaiatan atau tanda adanya terduga teroris di daerah ini. Meskipun demikian, pihaknya akan tetap melakukan upaya antisipasi terutama di markas-markas kepolisian. Mengingat sasaran dari para kelompok teroris ini adalah anggota-anggota Polri. Oleh karenanya Kapolres mengingatkan kepada jajaran yang ada untuk menggunakan Sistem Badi. Artinya dari System Badi ini bertujuan agar masing masing anggota saling melindungi.
Tak hanya itu lanjut Muhammad-sapaan akrab perwira bermelati dua di pundak ini, pihaknya juga akan tetap berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melaksanakan operasi Yustisi. Operasi ini dilakukan untuk mengecek kejelasan indentitas orang yang berasal dari luar daerah yang ingin tinggal di Sumbawa. “kepada pendatang, nanti kita akan melakukan pengecekan, disisi lain kita juga akan menghimbau kepada masyarakat melalui selebaran yang berisi (mari kita perangi terorisme),”ajak Kapolres.
Selain peningkatan Patroli, pihaknya juga meningkatkan keamanan di Mako Polres Sumbawa. seperti dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan pemasangan beberapa unit CCTV yang di titik-titik strategis. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan menimpa Markas Kepolisian. “Di Markas kepolisian ini kan 1X24 jam itu menerima laporan pengaduan, siapa saja bisa ke kantor ini, dan tentunya kita tidak bisa tolak, karena kantor ini merupakan milik masyarakat,”ungkapnya, seraya mengatakan, salah satu antisipasinya yaitu dengan memasang CCTV di titik-titik strategis Polres ini. Kepada Pemda juga di harapkan supaya bisa memasang CCTV di beberapa titik persimpangan untuk meminimalisir hal hal yang tidak diinginkan.