Wisata Alam Semongkat Bakal Ditata

613

Wisata Alam SamongkatSerapan Pengunjung Diharap Lebih Meningkat

Sumbawa Besar, Kabar Sumbawa — Dalam waktu beberapa bulan kedepan wisata alam yang ada di Semongkat, Kecamatan Batu Lanteh akan kembali di tata. Hal tersebut berdasarkan informasi yang di berikan oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Sumbawa H Amri S.Sos.,M.Si saat di temui wartawan, Senin (15/2) kemarin. Kepada awak Media H Amri-sapaan akrabnya, mengtakan bahwa, dalam tahun ini pihaknya akan kembali menata salah satu tempat wisata yang ada di daerah Semongkat kecamatan Batu Lanteh. Bahkan di daerah tersebut juga pihaknya akan membangun salah satu wahana wisata yang akan memacu adrenaline yaitu Playing  Fox. Untuk sementara ini ada tiga Lokasi yang akan menjadi sasaran pengembangan wisata yang ada didaerah tersebut. “saat ini kami sedang berkoordinasi dengan Dinas Pertanian, KSPH, dan  KPH Batu Lanteh, yang akan menjadi pioneer dalam pembangunan lokasi ini,”ujarnya, seraya menambahkan, rencananya hal tersebut akan mulai di bangun pada  Triwulan pertama tahun ini.

Tentunya hal ini sudah melalui beberapa pertimbangan, salah satunya yaitu dengan mengaca kepada data yang ada tahun pertama dan kedua, masyarakat begitu antusias untuk berkunjung ke Splash waterpark. Dengan adanya penataan lokasi ini (Semongkat) pihaknya berharap bagi masyarakat yang tidak memiliki kemampuan untuk masuk ke waterpark  bisa di alihkan menjuju Semongkat. “paling tidak permainan yang ada di lokasi ini hampir menyamai dengan wahana yang ada di Ai Loang dan Waterpark itu sendiri,”ujarnya. Untuk pengelolaan sendiri Pihak Disporabudapar akan turun secara lansung untuk pengawasan dan pengembangan wisata yang ada di daerah tersebut. Sementara itu lanjut Kadis untuk pembiayaan sendiri akan menggunakan anggaran yang dimiliki oleh dinas itu sendiri (Disporabudpar) karena biaya yang di butuhkan tidak begitu besar untuk wahana Playing Fox. Hanya saja untuk Wahana Kolam renang masih di butuhkan dana yang tidak sedikit  sekitar 300 juta. “untuk wahana kolam renang saat ini hanya akan di tata yang dibutuhkan saja, sementara wahana playing fox itu yang menjadi Prioritas,”imbuhnya.

Pembangunan wisata Semongkat ini di rencanakan akan mulai di gunakan pada triwulan ketiga dan keempat tahun ini. Bahkan pihaknya sudah melakukan survey lokasi serta melakukan design gambar, yang jelas triwulan pertama untuk perencanaan sudah rampung, triwulan kedua bangunan fisik. Triwulan ketiga dan keempat bisa di gunakan oleh masyarakat luas. “insyaallah beberapa bulan kedepan wisata semongkat ini sudah di bangun dengan wajah yang  berbeda dan wahana yang berbeda pula, dengan harapan kunjungan masyarakat akan semakin meningkat,”harapnya.

BAGIKAN