PerpuSeru, Perpustakkan Berbasis Teknologi dan Informasi

Date:

Asisten II MuhammadingSumbawa Besar, Kabar Sumbawa — Pemerintah Kabupaten Sumbawa bekerjasma dengan Coca Cola Faundation Indonesia menggelar Sosialisasi PerpuSeru di ruang rapat lantai 1 kantor Bupati Sumbawa pada Kamis (11/2/2016).

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengurangi kemiskinan informasi dan meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi masyarakat di Indonesia dengan mentransformasi perpustakaan daerah dan desa menuju pusat informasi pembelajaran yang menjawab kebutuhan masyarakat melalui peningkatan akses terhadap teknologi dan layanan yang relevan.

Fasilitator Program PerpuSeru Erwin Rahadi dalam laporannya menyampaikan, Program PerpuSeru bertujuan untuk menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan berkegiatan masyarakat berbasis teknologi informasi dan komunikasi, dengan tujuan dapat memberikan dampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, yang mengangkat tema mengembangkan perpustakaan umum menjadi pusat belajar masyarakat yang mampu menyentuh dan memberdayakan perempuan, remaja dan wirausaha dalam wilayah perpustakaan umum itu berada.

Baca juga:  RAPAT AKSI #1 : Analisis Percepatan Penurunan Stunting dan Penentuan Lokus Tahun 2025

Erwin juga mejelaskan, Mulai 1 Oktober 2015, PerpuSeru telah memasuki fase perluasan yang akan memperluas area kerja ke 80 perpustakaan daerah kabupaten/kota yang baru di Indonesia. Saat ini program sedang melakukan proses seleksi ke perpustakaan – perpustakaan daerah yang mau berkomitmen untuk merubah perpustakaan daerahnya menjadi pusat belajar masyarakat yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dapat membantu masyarakatnya mendapatkan hidup yang lebih baik.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Sumbawa yang membacakan sambutan Pj. Bupati sumbawa menyampaikan penghargaan dan apresiasi khususnya kepada Coca Cola Foundation Indonesia yang telah memilih Kabupaten Sumbawa melalui Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumbawa sebagai salah satu mitra dalam melaksanakan Program Perpuseru 2016. Harapannya, program ini dapat menjadi wahana untuk meningkatkan minat baca, memperluas akses informasi, kreatifitas, pengetahuan dan pembelajaran di kalangan masyarakat khususnya generasi muda Sumbawa. Membaca pada hakikatnya adalah untuk membuka cakrawala dunia. Membaca adalah jendela ilmu karena dengan membaca, masyarakat dapat mengetahui peristiwa dunia yang terjadi pada masa lampau, masa sekarang, bahkan dapat memprediksi peristiwa yang akan terjadi di masa mendatang. Untuk itu, kepada semua peserta sosialisasi yang hadir diharapkan dapat mengajak masyarakat khususnya generasi muda Sumbawa agar menanamkan kebiasaan gemar membaca. Disamping itu keberadaan perpustakaan juga penting dalam mendukung masyarakat untuk gemar membaca.

Baca juga:  Tingkatkan Pelayanan Publik, Sekda Sumbawa Kunjungi 4 Dinas Klaster Penting

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bertempat di Graha Fitrah Kemuter...

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...