oleh

Minim Anggaran, Pemeliharaan Situs Cagar Budaya Terabaikan

Pemeliharaan Situs Cagar Budaya Terabaikan 1Sumbawa Besar,- Mengingat cagar budaya merupakan salah satu aset peninggalan budaya. Maka sudah semestinya cagar cagar budaya tersebut harus di pelihara. Tetapi karena anggaran yang masih di katakan minim terpaksa cagar cagar budaya tersebut terabaikan. Hal tersebut juga senada dengan apa yang di ungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Kekayaan,Keragaman Budaya Nengah Suwita kepada Kabar Sumbawa, Rabu (13/1) kemarin.
Untuk pemeliharaan terhadap cagar budaya yang ada di daerah ini (Sumbawa) saat ini dirasa masih sangat kurang. Bahkan saat ini pihaknya sedang mengupayakan untuk dilakukan pemeliharaan terhadap situs ini. Tidak hanya itu pihaknya juga akan melakukan pendataan kembali terhadap situs cagar budaya tersebut untuk di serahkan ke Kementerian. Untuk tahun 2016 ini misalnya ada salah satus Makam yang akan dilakukan pemagaran terhadap salah satu Makam yang berada di Desa Dalam, Kecamatan Alas. “dalam waktu dekat kami akan melakukan pemagaran terhadap situs tersebut bahkan tidak menutup kemungkinan situs situs yang lain juga dilakukan,”ujarnya.
Menurutnya, kendala yang dihadapi selama ini dalam pemeliharaan situs cagar budaya ini masih berkutat dengan masalah anggaran. Jadi apa yang bisa dilakukan oleh pihaknya selama ini hanya membantu dalam memberikan honor kepada para juru pelihara. Sementara untuk fisik dan pengadaan alat sampai saat ini belum bisa di realisasikan. “masalah anggaran inilah yang menjadi kendala selama ini untuk pemeliharaan situs cagar budaya ini,”tambahnya.
Perlu diketahui, sampai dengan saat ini ada 43 cagar budaya yang sudah di identifikasi keberadaannya di Sumbawa. Situs situs tersebut berupa Sarkofagus, Bangunan, dan Makam. Sementara itu untuk tenaga pemeliharaan (Juru Pelihara) terhadap cagar budaya ini ada 16 orang untuk honor daerah, 7 PNS lansung yang di angkat di Pusat. Untuk para pegawai tersebut sudah ada di lokasi masing masing situs cagar buday tersebut.

iklan bkbpp

News Feed