oleh

Ketua BAN PT, ” UNSA Sudah Siap di Negerikan”

Sumbawa Besar,- Mengingat bahwa sudah di idam idamkan oleh semua masyarakat Sumbawa supaya Universitas Sumbawa (UNSA) bisa di Negerikan akhirnya bisa bernafas lega. Hal tersebut berkat kabar baik yang di sampaikan oleh ketua BAN PT Prof Dr H Mansyur  Ramli SE,. M. Si saat di temui wartawan usai acara Wisuda UNSA tahun 2015, Selasa (29/12). Kepada Wartawan Ia mengatakan bahwa, bisa di pastikan bahwa Universitas Samawa (UNSA) bisa di akreditasi mudah mudahan hal tersebut dapat terwujud lebih sekitar beberapa bulan kedepan. Tentunya dalam proses tersebut pihaknya masih menunggu Surat Keputusan (SK) akreditasinya institusi turun. “bahkan saya juga sempat berkoordinasi dengan Rektor dan Bupati terpilih untuk membahas masalah ini,” ujarnya.

Seraya menambahkan, untuk proses lebih lanjut dirinya juga mengunjungi kampus UNSA untuk memastikan bahwa kampus ini sudah memenuhi aspek penilaian bahkan sudah cukup untuk di akreditasi. Menurut Prof Mansyur—sapaan akrabnya, kampus ini (UNSA) sudah di visitasi jadi tinggal tunggu SKnya saja supaya kampus ini bisa di jadikan negeri.” Kalau saya lihat fisiknya dan SDM yang dimiliki saya yakin kampus ini  bisa di akreditasi, akreditasi disini dalam artian ialah akreditasi institusi,” ujarnya.

iklan kampanye

Menurutnya, dari 4000 universitas yang ada baru sekitar 800 universitas yang sudah di akreditasi institusinya. ” saya yakin dengan potensi yang dimiliki saat ini UNSA pasti bisa di kembangkan ke arah yang lebih baik di masa masa yang akan datang,” ucapnya. Mengenai persyaratan yang ada lanjutnya, Ia menilai semua persyaratan yang ada sudah dimiliki oleh UNSA untuk di Negerikan. ” saya yakin persyaratan yang ada saat ini sudah memenuhi. Jadi tidak ada alasan yang kuat bagi pemerintah pusat untuk tidak menegerikan UNSA,” sebutnya. Tentunya hal tersebut butuh proses apalagi saat ini ada kebijakan presiden untuk memoratorium bagi PTS–PTS yang ada menjadi PTN.

Baca juga:  Perayaan Maulid di RA Al Muhajirin Diisi dengan Berbagai Kegiatan

Tetapi moratorium ini tidak berarti tertutup sama sekali bahkan kesempatan masih terbuka untuk mengajukan UNSA ini menjadi PTN. Apalagi dengan adanya dukungan Pemda untuk segera menegerikan UNSA juga semakin gencar menjadikan nilai tambah baru untuk segera terealisasi. ” fisik dan fasilitas sudah memadai. Jadi saya sangat optimis hal tersebut dapat terwujud, tinggal menunggu saja,” imbuhnya.

Bahkan sebagai bukti fisik supaya UNSA ini bisa di Negerikan dirinya sudah berkomitmen dengan Rektor dan Bupati terpilih akan mendukung hal tersebut. Tidak hanya itu Ia juga mencoba untuk melakukan lobi lobi dengan kementerian supaya hal ini bisa terwujud.  Kalau untuk target sendiri lanjutnya, itu merupakan pertanyaan yang berat bagi dirinya. Hal tersebut dikarenakan yang memiliki kompetensi adalah kementerian pihaknya hanya mengajukan bahwa ini PTS yang layak dan mengeksekusi adalah kementerian. ” saya kira tinggal mengikuti proses dan prosedur yang ada, karena ini tidak serta merta lompat saja karena ada prosesnya,” pungkasnya. (TS/005)

Baca juga:  Pentingnya “Wawasan Kebangsaan” Di Kalangan Generasi Muda