Pemkab Sumbawa Raih Penghargaan Anugerah Daerah Berprestasi Penerima DID 2016

Date:

Kabar Sumbawa – Pemkab Sumbawa berhasil meraih penghargaan dari pemerintah pusat berupa Anugerah Daerah Berprestasi Penerima Dana Insentif Daerah (DID) Tahun Anggaran 2016.

Penghargaan tersebut diterima langsung Bupati Sumbawa Drs. H. Jamaluddi Malik dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin 14/12/2015. Penganugrahan penghargaan didasarkan pada criteria yaitu 1) LKPD TA 2014 minimal memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian dengan Paragraf Penjelasan (WTP-PP) dari BPK, 2) Menetapkan Perda APBD TA 2015 tepat waktu, dan 3) Memenuhi batas minimum nilai kinerja yang ditetapkan dalam penghitungan alokasi Dana Insentif Daerah Tahun Anggaran 2016.

Ada 66 Daerah Berprestasi Penerima Dana Insentif Daerah Tahun 2016 yaitu 7 Provinsi, 48 Kabupaten dan 11 Kota.  Penyerahan DIPA Tahun 2016 ini merupakan awal dari rangkaian proses pelaksanaan APBN Tahun 2016 yang telah disepakati oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bersama Pemerintah pada akhir Bulan Oktober lalu, dengan maksud agar proses pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran dapat berlangsung lebih cepat, lebih merata dan memberikan dampak multiplier yang lebih besar kepada kegiatan perekonomian.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Serahkan Bantuan Bibit Jagung Tahap Pertama Kepada Petani

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, DID merupakan wujud injeksi atau stimulus dari pemerintah pusat kepada daerah-daerah yang mempunyai prestasi. Jokowi berharap daerah dapat mempercepat pembangunan dan diikuti oleh daerah-daerah lain.

Ditempat yang sama Menkeu Bambang PS Brojonegoro menyampaikan bahwa penganugerahan tersebut dapat dijadikan motivasi bagi setiap daerah untuk lebih meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan daerahnya, memperbaiki pelayanan dasar public serta memacu kinerja ekonomi dan kesejahteraan daerah. Dengan adanya penganugerahan ini, dapat meningkatkan kompetisi yang produktif dan sehat antar daerah untuk mempercepat pembangunan ekonomi daerah.

Kabupaten Sumbawa termasuk salah satu Kabupaten yang memperoleh Anugerah Daerah Berprestasi Penerima Dana Insentif Daerah Tahun 2016 atas kinerja kesehatan fiscal dan pengelolaan keuangan daerah, kinerja pelayanan dasar public serta kinerja ekonomi dan kesejahteraan. Bupati Sumbawa Drs. H. Jamaluddin Malik bersama beberapa kepala daerah lainnya menghadiri penganugerahan ini di Istana Negara Jakarta, yang diserahkan secara simbolis oleh Presiden Jokowi kepada 2 provinsi, 4 kabupaten, dan 1 kota yang diwakili oleh Pjs. Gubernur Sumatera Barat Reydonnyzar Moenek, Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh, Bupati Jombang Nyono Wihandoko, Bupati Kaur Hermen Malik, Bupati Lamandau Marukan, Bupati Jayapura Mathius Awaitouw, dan Walikota Kendari Asrun.

Baca juga:  Bupati Sumbawa Sampaikan LKPJ Tahun 2023

Bupati Sumbawa Drs. H. Jamaluddin Malik menyampaikan syukur ke hadirat Allah SWT atas anugerah ini, dan menyampaikan terima kasih atas kinerja SKPD dan jajaran aparatur Pemda serta seluruh elemen masyarakat yang telah bersama-sama membangun Sumbawa yang semakin berdaya saing. Perolehan Opini WTP 3 (tiga) tahun berturut-turut dari BPK RI selalu diikuti dengan reward yang sangat bermanfaat bagi stimulus fiscal daerah, perekonomian dan kesejahteraan rakyat. Bupati Sumbawa berharap agar anugerah ini dapat terus dipertahankan, menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja dan dapat di tingkatkan di masa mendatang demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Sumbawa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

KEMENKUMHAM NTB Terima Hibah Lahan dari Pemda KSB

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bertempat di Graha Fitrah Kemuter...

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...