oleh

Bahaya Terlalu Gemuk, Daftar Penyakit yang Rentan Menyerang

Gemuk sebenarnya sehat. Namun apabila gemuk tersebut didefinisikan kebutuhan gizinya yang tercukupi, dibandingkan apabila seseorang kurus kering. Akan tetapi, pendapat tersebut bisa jadi salah ketika seseorang malah gemuk berlebihan. Bahaya terlalu gemuk justru menghadirkan penyakit baru, bukannya sehat.

Apa saja daftar penyakit yang akan rentan menyerang Anda kalau terlalu gemuk? Nah ini dia:

Penyakit Akibat Bahaya Terlalu Gemuk

  1. Penyakit pada jantung dan pembuluh darah

Kelebihan berat badan adalah penyebab utama penyakit jantung dan juga gangguan pada pembuluh darah. Ini karena pada waktu seseorang mengalami peningkatan besar tubuh maka jantung juga harus memompa darah ke semua jaringan tubuh lebih keras. Lagipula, pada mereka yang terlalu gemuk, pembuluh darah ikut menyempit dan menyebabkan hipertensi. Hipertensi sendiri dapat memicu penyakit jantung.

  1. Diabetes dan meningkatnya kolesterol

Obesitas mengakibatkan diabetes, karena terjadinya gangguan fungsi insulin. Insulin sendiri bisa terganggu karena kadar gula yang meningkat akibat penderita diabetes yang kurang menjaga pola makan. Begitu juga dengan meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh. Oleh karena gangguan insulin tersebut akhirnya menyebabkan kadar kolesterol pun meningkat. Saling berkaitan satu sama lain, bukan? Untuk itu pula, Anda perlu rutin mengecek kadar gula darah dalam tubuh. BPJS Kesehatan sekarang sudah menyediakan program pemeriksaan kesehatan gratis untuk penyakit tertentu.

  1. Peradangan persendian

Tahukah Anda bahwa osteoartritis atau peradangan pada persendian turut disebabkan oleh berat badan yang berlebih. Hal ini tidak mengherankan karena terdapat peningkatan beban di bagian persendian. Beberapa gejalanya antara lain nyeri di bagian sendi yang kemudian membengkak, sendi kaku dan juga bahkan tidak sanggup berjalan.

  1. Gangguan fungsi organ paru

Timbunan lemak lagi-lagi jadi pemicu gangguan satu ini. Timbunan tersebut mengakibatkan saluran pernapasan mengalami tekanan berlebihan. Sleep apnea atau napas terhenti pada saat tidur bisa jadi tidak terhindarkan. Gangguan seperti ini jika dibiarkan, lama-kelamaan malah berakibat fatal karena bisa berujung kematian.

  1. Sistem hormonal terganggu

Bahaya terlalu gemuk juga turut memengaruhi sistem hormonal dalam tubuh seseorang. Sebagai contoh, para anak perempuan yang mengalami kelebihan berat badan akan mengalami menstruasi pertama lebih awal. Sementara bagi wanita dewasa dapat mengalami gangguan siklus haid dan juga gangguan keseimbangan hormon.

  1. Gangguan psikis

Tidak hanya secara fisik, bahaya terlalu gemuk juga menyebabkan gangguan psikis atau psikologis. Beberapa alasannya bisa jadi adalah olokan dari beberapa orang jika lingkungan tidak mendukung. Atau, jika pun tidak ada yang mengolok, seseorang yang bertubuh sangat gemuk bisa jadi depresi dan merasa rendah diri sehingga mengucilkan diri dari pergaulan.

  1. Risiko penyakit kronis

Tidak dipungkiri, terlalu gemuk menjadi salah satu pemicu dan turut memperbesar risiko penyakit-penyakit kronis. Sebut saja kanker rahim dan kanker payudara. Jenis kanker tersebut disebabkan oleh faktor berat badan yang berlebih. Sementara itu, para pria yang terlalu gemuk berisiko tinggi diserang penyakit kanker usus besar dan kanker prostat.

Jadi, mulailah sekarang, biasakan pola hidup sehat baik melalui pola makan dan juga aktivitas gerak. Dengan begitu, berat badan dan postur tubuh bisa terjaga. Gemuk tidak salah tetapi yang jadi masalah adalah ketika Anda jadi terlalu gemuk. Apapun yang namanya “terlalu” tentu tidak baik, bukan? Terlalu kurus tidaklah baik, begitu juga dengan terlalu gemuk. Pun selain itu, selalu siapkan diri dengan jaminan kesehatan seperti BPJS – untuk memproteksi diri terhadap kemungkinan penyakit yang bisa jadi datang meskipun kita sudah berupaya mungkin mencegahnya. Salam sehat!

berita TERKKINI