“Wujudkan Generasi Berkualitas” Dalam HUT IBI Ke 64 Tahun

Date:

Sumbawa, Kabar Sumbawa – Memperingati Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang ke 64 tahun, Ikatan Bidan Indonesia cabang Sumbawa menggelar resepsi Hari Ulang Tahun IBI ke 64 dirangkaikan dengan launching website IBI dan Seminar tentang pelayanan prima bagi Bidan di Kabupaten Sumbawa di aula lantai 3 kantor Bupati Sumbawa pada Kamis 20/8/2015.

Ketua IBI Cabang Sumbawa Ummi Kalsum, S.SiT.,M.Mkes dalam sambutannya menyampaikan, peringatan HUT IBI yang ke 64 tahun diperingati dengan tujuan penguatan dan meningkatkan kualitas anggota IBI serta memantapkan IBI sebagai organisasi profesi bidan yang handal, rasa memiliki, kepedulian dan kecintaan anggota terhadap organisasi IBI serta meningkatkan persatuan Bidan dalam wadah IBI. Di Kabupaten Sumbawa, tercatat pada bulan Mei 2015 pengurus ranting berjumlah 17 orang, dengan jumlah bidan seluruhnya 757 orang, telah menjadi anggota IBI 729 orang.

Tema HUT IBI ke 64 sesuai dengan komitmen Bidan dalam pembangunan kesehatan di Indonesia khususnya peningkatan kesehatan Ibu dan anak untuk mempersiapkan generasi yang berkualitas, “Bidan Mengawal 1000 hari pertama kehidupan, mewujudkan generasi berkualitas”. Bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan strategis yang memiliki tugas dan fungsi memberikan pelayanan kebidanan untuk meningkatkan status kesehatan ibu dan anak khususnya kesehatan reproduksi perempuan dan tumbuh kembang bayi dan balita. Banyak ahli telah membuktikan bahwa meningkatkan status kesehatan ibu dan anak dalam mempersiapkan generasi yang berkualitas dimulai sejak dini, yaitu sejak sebelum hamil atau dimulai sejak masa remaja sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi perempuan. Dan hal ini sangat menentukan kualitas anak yang akan dilahirkan. Dalam rangka memperingati HUT IBI ke 64, IBI di masing – masing ranting telah melakukan berbagai kegiatan antara lain, Pelayanan KB gratis terutama MKJP, Donor Darah, Pemeriksaan IVA test gratis, Penyuluhan kesehatan reproduksi pada remaja yang dilakukan di beberapa desa dan sekolah, serta kegiatan senam massal di sekolah dan masyarakat.

Baca juga:  Direktur Samota Gemilang Bantah Minta APBD untuk Pelaksanaan MXGP

Drs H Nazaruddin M.Si
Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan

Bupati Sumbawa melalui Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Drs H Nazaruddin M.Si menyampaikan 64 tahun sudah para bidan Indonesia berkiprah. Bidan hadir di tengah multidimensional perbedaan masyarakat yang sangat kompleks. Bidan dituntut untuk dapat bekerja dan berbuat maksimal apapun kondisi masyarakat. Harus mampu menyatu dengan napas masyarakat, berbaur dan melebur dalam ikatan emosional yang baik.

Perempuan di era global melihat bahwa mereka juga mempunyai aspirasi dan kesempatan yang sama dengan kaum pria. Hal itu membuat perempuan masa kini lebih asertif, mandiri, dan juga mempunyai banyak keahlian yang dulu dianggap hanya dimiliki pria. Keahlian perempuan yang paling menonjol adalah keahlian dalam menyiapkan anak untuk masa depan. Disini perempuan memiliki kesadaran bahwa kualitas anak sangat tergantung dari dirinya dan pola asuh yang telah diberikan. Betapa besar dan berat tanggung jawab profesi seorang bidan sesungguhnya. Selain menguasai ilmu kebidanan, bidan desa tentulah harus mengetahui seluk beluk kehidupan seorang perempuan, tumbuh kembang anak, serta proses dimulainya pembentukan janin manusia hingga memasuki usia lanjut.

Baca juga:  Jadi UPT BLK, Diharapkan Beri Konstribusi Signifikan Terhadap Capaian Program Pemerintah

Siap mengabdi untuk masyarakat, artinya ia juga harus siap dengan konsekuensi yang potensial terjadi. Tak mudah mengubah mind set, sikap juga perilaku masyarakat. Bidan merupakan tenaga pelayanan kebidanan profesional, didasari keilmuan dan teknologi yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, aman/ tidak membahayakan untuk kelangsungan hidup manusia untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang sehat dan berkualitas. Untuk itu bidan dalam memberikan pelayanan asuhan kebidanan normal, perlu mengembangkan sifat-sifat sesuai dengan karakter alam yang menyatu dalam dirinya, memberikan pelayanan yang memadai dan menjadi pilihan utama perempuan, keluarga, dan masyarakat.

Acara seminar IBI, mengangkat topik Pelayanan Prima Bagi Bidan di Kabupaten Sumbawa, dihadirkan narasumber Ayu Helena Cornelia, BA,M.Si yang merupakan Consultant Marketing Hyatt Yogyakarta.

Untuk di ketahui Dalam rangka memperingati HUT IBI ke 64, IBI di masing – masing ranting telah melakukan berbagai kegiatan antara lain, pelayanan KB gratis terutama MKJP, donor darah, pemeriksaan IVA test gratis, penyuluhan kesehatan reproduksi pada remaja yang dilakukan di beberapa desa dan sekolah, serta kegiatan senam massal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan caleg iklan caleg

Populer

More like this
Related

THR ASN Pemkab Sumbawa Sudah Bisa Dicairkan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup...

Kapolsek Rhee Dan Plampang Berganti

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com -  Kepolisian Resor Sumbawa menggelar Upacara...

Peringati Malam Nuzulul Quran, Bupati Ajak Ciptakan Masjid Ramah Anak

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Pemerintah Kabupaten Sumbawa memperingati malam...

Bupati Instruksikan Segera Tangani Jalan dan Drainase Pasca Musim Hujan

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com – Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud...