oleh

Gelar Upacara Bendera HUT RI ke 70 di Laut

Sumbawa, Kabar Sumbawa—17 Agustus 2015 akan menjadi peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 70 tahun. Berbagai macam cara masyarakat dalam menyambut, memperingati dan merayakannya. Secara umum, Upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI biasanya dilakukan di lapangan terbuka di daratan. Tapi 17 Agustus 2015 kali ini, warga Pulau Bungin, Kecamatan Alas, menginisiasikan pelaksanaan upacara bendera di atas permukaan laut.

“Kita akan upacara bendera di atas permukaan laut. Peserta upacara akan berada di atas perahu masing-masing. Sedangkan para undangan dari pemerintah Kecamatan, Polsek Alas, Koramil Alas dan undangan kehormatan akan ditempatkan di atas keramba jaring apung milik kelompok nelayan setempat,” papar inisiator upacara, Sahabuddin (Tison Bungin), Jum’at (14/08/2015) melalui sambungan telpon seluler.

Ia mengatakan, selain menggelar upacara dengan cara yang tidak biasa, juga aka nada atraksi boat water show. Dalam atraksi tersebut, sejumlah perahu nelayan beragam ukuran akan melalukan maneuver tertentu untuk menghibur para tamu dan peserta upacara.

“Kita akan mulai upacara pada pukul 10.00 Wita, tapi tamu undangan harus hadir minimal 30 menit sebelum upacara dimulai,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, pihaknya juga akan memperkenalkan kepada pemerintah setempat dan undangan lain terkait proses rehabilitasi terumbu karang yang berada di dasar laut tempat dilaksanakannya upacara tersebut.

Upacara unik ini bukannya tidak menuai kendala dalam perencanannya. Penolakan Kepala Desa setempat sempat menjadi penghambat dalam segala bentuk tahapan proses yang dilakukan. Di satu sisi, penyelenggara telah menyiapkan sumber daya manusia dan mengundang sejumlah pihak untuk hadir dan memperingati HUT RI ke 70 di atas permukaan laut di teluk Pulau Bungin. Namun dengan keyakinan dan kerja keras, akhirnya otoritas Desa Pulau Bungin melunak dan merestui upacara tersebut.

News Feed