oleh

Rancangan APBD Perubahan 2015 Kabupaten Sumbawa Segera dibahas DPRD

Lalu Budi Suryata
Ketua DPRD Sumbawa

Sumbawa, Kabar Sumbawa—Rapat Badan Musyawarah (Banmus) telah menghasilkan kesepakatan bahwa 26 Agustus mendatang dijadwalkan dimulainya pembahasan APBD Perubahan tahun 2015.
Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata, dihubungi Senin (10/08/2015), menjelaskan, dimulainya pembahasan tersebut ditandai dengan penyampaian pemandangan Bupati terhadap RAPBD Perubahan tahun 2015.
Agenda berikutnya, dilanjutkan dengan rapat-rapat fraksi untuk menyusun tanggapannya. Lalu Paripurna penyampaian pandangan fraksi, dilanjutkan dengan Paripurna pemandangan Komisi-Komisi. Terkahir, Paripurna penetapan oleh DPRD Sumbawa.
Menurut Budi, sebelum pembahasan RAPBD tersebut, pihaknya telah melakukan rapat pembahasan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) terkait penyamaan pandangan dalam hal anggaran Pilkada. Hasilnya, disepakati anggaran Pilkada serentak, untuk KPU, Panwas Kabupaten, dan TNI/Polri sebagai pengaman. Khusus dana TNI/Polri, sebelumnya tidak pernah dianggarakan, tahun ini dianggarkan karena dianggap perlu.
Budi menambahkan, pemberian dana pengamanan tersebut dalam rangka penyempurnaan pelaksanaan Pilkada. “Kalau tidak salah dana untuk TNI/Polri sekitar Rp 2 Miliar. KPU sekitar Rp 4 miliar. Kalau Panwas saya lupa, yang jelas tidak sesuai dengan yang diusulkan, karena disesuaikan dengan kemampuan anggaran,” ujarnya.
Selain itu, penyelesaian pembebasan lahan jalan SAMOTA dan pelebaran jalan Garuda juga menjadi perhatian.
“Artinya, semua anggaran tersebut sangat mendesak untuk dianggarkan, termasuk SAMOTA dan juga BPJS,” ujar Ketua DPRD.
Anggaran Pertanian Dibahas Khusus
Menurut Ketua DPRD Sumbawa, pihaknya juga memberikan perhatian terhadap dampak kekeringan bagi lahan pertanian di Kabupaten Sumbawa. Untuk hal tersebut, skema yang akan dilakukan oleh DPRD akan dibahas secara khusus melalui Komisi tehnis dalam hal ini Komisi II.
“Kami hanya membahas point-point yang penting, nanti dibahas di Komisi tehnis,” pungkas Budi Suryata.