oleh

Modus Baru, Pelaku Penipuan Catut Nama Dinas Sosial

Sumbawa—Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Kamis (23/07/2015) sontak kaget karena didatangi sejumlah warga yang mengadu terkait adanya oknum pegawai Dinas Sosial berinisial DW yang telah menarik sejumlah uang kepada warga, dengan imbalan akan diberikan bantuan pembiayaan usaha kecil menengah dari Dinas Sosial. Sadar telah ditipu, sejumlah warga melaporkan dugaan penipuan ke Polres Sumbawa.
Salah seorang korban, Jahra, ditemui saat melapor di Polres Sumbawa, mengaku telah menyetor dana atau uang kepada DW sejumlah Rp 21 juta. Dalam perjalanan, Jahra menyadari ada sesuatu yang tidak beres. Sebab jika bantuan tersebut berasal dari bantuan sosial maka membutuhkan berkas administrasi yang harus ditandatanganinya. Tetapi selama ini tidak pernah sekalipun DW meminta atau mendatangi Jahra untuk mengurus berkasnya tersebut, jelas Jahra.
Kepala Dinas Sosial Sumbawa, Dr. M. Iksan Safitri, mengkonfirmasi bahwa pihaknya tidak pernah mengetahui adanya program bantuan yang dimaksud pelaku. Iksan juga membantah bahwa ada pegawainya yang berinisial DW seperti yang dilaporkan warga.
Iksan mengaku sangat prihatin dengan adanya kejadian ini. Selain mencemarkan nama instansinya, juga mengorbankan banyak orang. Karenanya ia menghimbau masyarakat ketika ada yang mengatasnamakan dinas sosial atau menyampaikan program yang menyangkut instansinya, agar dapat menghubungi langsung dinasnya untuk meminta klarifikasi. Ini sangat penting untuk menghindari terjadinya kasus serupa, di samping memperoleh informasi yang utuh mengenai program yang dikelola dinasnya.

iklan bkbpp

News Feed