Tradisi Pesta Petasan Rayakan Idul Fitri

Date:

Sumbawa Besar —Warga lingkungan Kauman, Labuhan Sumbawa, Kecamatan Labuhan Badas, Sumbawa Besar, tumpah ruah di jalanan membunyikan petasan segala ukuran, Jum’at (17/07/2015). Hal ini sudah menjadi tradisi sekali setahun warga lingkungan Kauman di setiap perayaan hari idul fitri.

“Ini sudah menjadi tradisi setiap usai melaksanakan Sholat Ied di Masjid ini. Waktunya tidak lama,” kata warga sekitar, Ami Rizal.

Membunyikan petasan secara massal dan berlangsung selama setengah jam di satu tempat, hanya bisa dijumpai di lingkungan Kauman. Suasana seperti perang dengan letusan menggelegar memekakan telinga mulai terdengar dari darius 100 meter.

Warga lingkungan kauman nampak gembira menyambut hari raya idul fitri 1436 Hijriah. agar tidak mengganggu pengguna jalan, warga bersama aparat kepolisian menutup jalan untuk sementara waktu guna menggelar pesta petasan.

Tidak hanya para orang dewasa yang terlibat dalam pesta petasan tersebut, para bocah ternyata juga tidak mau kalah. Meski mereka masih kecil tapi cukup berani menyalakan sumbu petasan seukuran botol bir. Sementara warga lain menyaksikan dari dekat letusan petasan tersebut.

Tidak ada rasa takut atau pun melarang untuk membunyikan petasan segala ukuran tersebut. Karena tradisi ini sudah mengakar di kalangan warga keturunan Arab di lingkungan Kauman Labuhan Sumbawa. (KN)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Henna_byfira, Rekomendasi Jasa Henna Art di Kabupaten Sumbawa Barat

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Bagi warga Kabupaten Sumbawa Barat,...

Bawaslu Sumbawa Segera Rekrut 1.534 PTPS Pemilu 2024

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten...

Mengenal Alimuddin, Petani Inspiratif dari Desa Seloto

Sumbawa Barat, Kabarsumbawa.com - Impian menjadi petani mungkin bukan...

Konser Musik IM3 Collabonation Tour Hipnotis Masyarakat Sumbawa

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Konser Musik Collabonation Tour yang...