oleh

Tradisi Pesta Petasan Rayakan Idul Fitri

Sumbawa Besar —Warga lingkungan Kauman, Labuhan Sumbawa, Kecamatan Labuhan Badas, Sumbawa Besar, tumpah ruah di jalanan membunyikan petasan segala ukuran, Jum’at (17/07/2015). Hal ini sudah menjadi tradisi sekali setahun warga lingkungan Kauman di setiap perayaan hari idul fitri.

“Ini sudah menjadi tradisi setiap usai melaksanakan Sholat Ied di Masjid ini. Waktunya tidak lama,” kata warga sekitar, Ami Rizal.

Membunyikan petasan secara massal dan berlangsung selama setengah jam di satu tempat, hanya bisa dijumpai di lingkungan Kauman. Suasana seperti perang dengan letusan menggelegar memekakan telinga mulai terdengar dari darius 100 meter.

Baca juga:  ULP Kabupaten Sumbawa Sebagai Percontohan Program Modernisasi Pengadaan Fase II

Warga lingkungan kauman nampak gembira menyambut hari raya idul fitri 1436 Hijriah. agar tidak mengganggu pengguna jalan, warga bersama aparat kepolisian menutup jalan untuk sementara waktu guna menggelar pesta petasan.

Tidak hanya para orang dewasa yang terlibat dalam pesta petasan tersebut, para bocah ternyata juga tidak mau kalah. Meski mereka masih kecil tapi cukup berani menyalakan sumbu petasan seukuran botol bir. Sementara warga lain menyaksikan dari dekat letusan petasan tersebut.

Tidak ada rasa takut atau pun melarang untuk membunyikan petasan segala ukuran tersebut. Karena tradisi ini sudah mengakar di kalangan warga keturunan Arab di lingkungan Kauman Labuhan Sumbawa. (KN)

Baca juga:  Polisi Gagalkan Penyelundupan Puluhan Kantong Bibit Lobster

 

iklan bkbpp

News Feed