oleh

Alfamart Belum Mengantongi Ijin Operasional

Sumbawa Besar, – Keberadaan toko swalayan Alfamart di Sumbawa Besar, merupakan hal baru bagi masyarakat setempat. Baru pertama kali dibuka pada Kamis (02/07/2015) pagi, para pembeli langsung ramai menyerbu belanjaan di alfamart yang berada di jalan Kartini Sumbawa Besar. Wirawan S.Si MT
Kepala KPPT Sumbawa

Ternyata tingginya animo masyarakat tersebut tidak dibarengi dengan perijinan jenis usaha toko swayalan sebagaimana yangd diatur di dalam Peraturan Bupati Sumbawa nomor 31 tahun 2015 Tentang Penataan dan Pembinaan Toko Swalayan. Setelah adanya teguran langsung dari Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu (KPPT), sekitar pukul 13.00 Wita Swalayan Alfamart langsung tutup.

iklan kampanye

Kepala KPPT Sumbawa, Wirawan S.Si MT yang dihubungi, menegaskan bahwa Alfamart belum mengantongi ijin operasional sehingga belum dapat beroperasi. Diakuinya, Alfamart memang mengantongi ijin prinsip, HO dan IMB. Namun untuk Ijin Usaha Toko Swalayan (IUTS) sampai sekarang belum diterbitkan. “Permohonan sudah ada, rencananya Senin (6/7) mendatang dilakukan pembahasan dokumen analisis sosial ekonomi bagi penerbitan IUTS,” kata Wirawan.

Baca juga:  Telat Menanam, Belasan Hektar Padi Terancam Kekeringan

Setelah dokumen dibahas tim yang terdiri dari Asisten Perekonomian, KPPT, Kepala Bappeda, Kepala KPPT, Kabag APP, Kabag Hukum, Kepala BPM-LH, Kepala Diskoperindag, Kadis PU dan Kasat Pol PP Sumbawa, barulah IUTS diterbitkan. “Kalau IUTS sudah terbit, silakan beroperasi,” ujarnya.

Wirawan mengaku belum ada toko, minimarket, mall dan sejenisnya di Kabupaten Sumbawa yang mengantongi IUTS, mengingat regulasinya yang masih baru. Dalam waktu dekat KPPT akan bersurat kepada sejumlah mall, minimarket dan lainnya untuk segera mengurus IUTS.