oleh

Tantangan Kepolisian Semakin Kompleks

Kapolres Sumbawa
AKBP Karsiman Kapolres Sumbawa

Sumbawa Besar—Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) genap berusia 69 tahun. Di usianya tersebut tantangan POLRI ke depan akan semakin komplek. Seperti yang diungkapkan Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman, saat ditemui, Kamis (02/07/2015), menanggapi hari jadi POLRI ke 69 tahun yang diperingati pada Rabu (01/07/2015).
Kapolres Sumbawa mengatakan tantangan yang semakin komplek tersebut dilatari oleh semakin meningkatnya aktifitas masyarakat dan semakin lihainya para penjahat yang memaksa POLRI harus lebih aktif, banyak belajar dan lebih serius dalam menyikapi semua permasalahan.
Hal itu menurutnya harus dilakukan supaya tidak ada penilaian negative mengenai tugas kepolisian oleh masyarakat yang dilayani.
“Kalau kemampuan personel di Polres Sumbawa sudah mumpuni di bidangnya masing-masing. Adapun kasus yang ada tetap dijalankan dengan baik,” ujar Karsiman.
Setiap hari kata Kapolres, selalu ada kasus dan selalu ditanggapi serius oleh personelnya. Hanya saja tidak semua permasalahan atau kasus yang ditangani akan diselesaikan dengan cepat karena membutuhkan proses. Namun yang jelas tetap berjalan di relnya.
Menyingunggnya kambuhnya kasus pencurian di tengah masyarakat, Kapolres menilai hal itu lebih karena kepedulian masyarakat yang minim. Karena di manapun kejahatan akan tetap terjadi.
“Kalau tidak peduli dengan lingkungannya maka dampaknya ya seperti itu. Polisi sudah maksimal dalam menjalankan fungsinya. Sisanya kita kembalikan kepada masyarakat agar lebih berperan,” tutup Kapolres Sumbawa. (KN)