oleh

KPUD Sumbawa Mulai Pemutakhiran dan Analisis DP4

syukri rahmat
Ketua KPUD Sumbawa,

Sumbawa—KPUD Kabupaten Sumbawa memulai proses analisis data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan atau DP4 yang dikirim dari pusat. Selanjutnya akan dilakukan singkronisasi dan pemutakhiran daftar pemilih yang kemudian ditetapkan sebagai daftar pemilih sementara untuk diumumkan kepada masyarakat sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap.

“KPUD Sumbawa kini memasuki tahapan pemutakhiran data daftar penduduk potensial pemilih pemilihan atau DP4,” terang Ketua KPUD Sumbawa, Syukri Rahmat ditemui Jum’at (26/06/2015).
Syukri mengatakan, DP4 tersebut diterima melalui aplikasi aplikasi Sidalih. Selanjutnya akan disingkronkan dengan data pemilih terakhir.
Pihaknya juga sedang melakukan perekrutan terhadap Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang diisi satu orang per satu TPS. “Dalam hal ini bagi tps yang jumlah pemilihnya di atas 400 orang maka petugas pemutakhiran data pemilihnya harus dua orang,” tambah Syukri.
Ia menambahkan, KPUD Sumbawa juga telah melakukan sosialisasi pemutakhiran data pemilih dalam bentuk talk show di tiga radio terkemuka di Kabupaten Sumbawa dalam waktu yang secara bersamaan.
Pihaknya berharap proses pemutakhiran data pemilih tersebut benar-benar mampu memberikan tingkat akurasi yang baik. Sehingga dapat digunakan semaksimal mungkin potensi terdatanya masyarakat yang bisa menggunakan hak pilihnya.
Secara khusus untuk mendukung suksesnya kinerja KPUD Sumbawa juga telah melakukan bimbingan tehnis terhadap para anggota panitia pemilihan kecamatan dan panitia pemungutan suara yang diharapkan dapat diteruskan PPDP. (KN)

Baca juga:  144 CPNS Ikuti Diklat Prajabatan