oleh

Ratusan Pelajar Ikuti Tes Masuk SMAN 01 Taliwang

Taliwang, – Sebanyak 204 pelajar SMP/sederajat Sumbawa Barat dan luar daerah mengikuti tes masuk SMAN 01 Taliwang. Dari Seluruh pendaftar 160 siswa dinyatakan lolos seleksi adminstrasi dan berhak mengikuti tahapan tes tulis.
Kepala SMAN 01 Taliwang, Hermanto, S.Pd, mengungkapkan, tes tulis dilaksanakan pada tanggal 16 Juni dan hasilnya diumumumkan pada hari itu juga (hari ini,red).
” Ada 5 mata pelajaran dalam tes tulis yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, IPA Terpadu, dan IPS Terpadu,” sebut Hermanto, saat ditemui usai pelaksanaan tes tulis, Selasa (16/6).
Menurutnya, siswa yang mengikuti tes masuk  melalui jalur umum atau tes tulis tergolong cukup berat pada tahun ini . Pasalnya, siswa baru yang akan diambil  hanya  sebanyak 91 siswa dari total peserta sebanyak 160 siswa.
” Untuk tahun ini kami  menyiapkan 7 ruang belajar bagi 182 siswa baru. 91 siswa sudah lolos melalui jalur undangan (tanpa tes tulis) dan 91 siswa harus bersaing melalui jalur umum,” jelasnya.
Adapun 91 siswa jalur undangan, yakni siswa yang sudah berprestasi pada saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Prestasi yang mereka raih dibuktikan dengan adanya sertifikat minimal di tingkat Kabupaten.
Dari pantauan kabar sumbawa, SMAN 01 Taliwang bisa dikatakan sebagai  salah satu sekolah favorit di pulau Sumbawa dan lombok. Ini dibuktikan dengan pendaftaran siswa yang berasal dari luar daerah seperti siswa asal kabupaten Dompu, sumbawa , lombok bahkan ada yang berasal dari pulau jawa.
Cukup banyaknya siswa yang ingin menuntut ilmu disekolah yang memiliki 21 ruang kelas dan ditunjang dengan adanya ruang laboratorium ini, bukan tanpa alasan. Sekolah Negeri tersebut kerap mewakili Sumbawa Barat dalam sejumlah ajang bergengsi ditingkat Propinsi dan Nasional.
Sebut saja untuk tahun ini, dalam olimpiade sain,  peserta asal Sumbawa Barat, sebanyak 60 persen tercatat berasal dari SMAN 01 Taliwang. Mereka telah dikirim untuk berlomba di tingkat propinsi. Prestasi lainnya yang cukup membanggakan, yakni dibidang seni sebagai juara 1 dalam lomba tari berpasangan. Siswa kelas X tersebut akan mewakili NTB ditingkat Nasional pada lomba di Palembang dalam waktu dekat.

News Feed