oleh

Pemerintah Ingin Pertumbuhan Industri Menyebar di Nusantara

Sumbawa—Sentralisasi industri besar di Pulau Jawa oleh pemerintah saat ini dipandang kurang membantu daerah-daerah non industri. Sehingga pemerintah saat ini ingin mengembangkan industri tumbuh dan menyebar di seluruh Nusantara tidak hanya berada di Pulau Jawa.

Menteri Pendustrian, Saleh Husin, dalam kunjungan kerjanya di Sumbawa Besar, Sabtu (30/05/2015) menyatakan bahwa pemerintah saat ini ingin pertumbuhan Industri tumbuh dan menyebar di seluruh indonesia tidak hanya ada di Pulau Jawa. Untuk itu dikembangkan kawasan industri di luar Pulau Jawa sehingga muncul daerah pertumbuhan ekonomi baru.

Menurutnya, salah satu yang dikembangkan di Indonesia Timur misalnya di Bintuni-Papua dan Sulawesi seperti di Morowali yang dibangun pabrik berbasis nikel yang investasinya cukup besar 5,6 miliar US Dollar.

“Hal seperti ini akan terus dikembangkan di daerah lain seperti di NTB yang memiliki PT Newmont Nusa Tenggara Barat yang bergerak di pertambangan tembaga dan emas yang kalau berkembang lebih baik maka masyarakat akan merasakan juga dampaknya,” ujarnya menyudahi percakapan. (KN)

News Feed