oleh

Sumbawa Dapat Pasokan Pupuk 4000 Ton

Sumbawa—Mengantisipasi musim tanam akhir 2014 mendatang, petani di Kabupaten Sumbawa dipastikan tidak akan mengalami permasalahan klasik yakni kelangkaan pupuk.

Sebab, pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, mengkonfirmasi telah mendapatkan pasokan pupuk 4000 ton . Jumlah ini pun dirasa sangat aman untuk kebutuhan petani selama musim tanam. Apalagi masih ada stok 5000 ton pupuk.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Ir. Tafiluddin, belum lama ini, mengungkapkan bahwa dengan jumlah pupuk yang ada hingga Desember 2014 tidak akan ada kelangkaan.

“Sampai Desember aman. Kalau dulu kan bulan Nopember belum ada pupuk. Sekarang sudah ada karena akhir Februari sudah akhir tanam,” jelasnya.

Baca juga:  Sepanjang 2018, Realisasi Movenas Bulog Sumbawa Mencapai 12,300 Ton

Ia menegaskan, mekanisme penyaluran pupuk masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Dimulai dari distributor ke kelompok tani.

Mengenai ancaman kelangkaan pupuk di lapangan, menurut Talifuddin hal tersebut dirasa tidak akan terulang. Pasalnya sekarang petani tidak lagi bergantung ke satu jenis pupuk atau hanya pupuk urea. Pemerintah kini menyediakan pupuk NPK yang bisa menggantikan urea sebagai pilihan lain bagi petani. (KN)

iklan bkbpp

News Feed