oleh

Sultan Ingatkan Parpol dan Caleg Jaga Marwah Tau Samawa

Sumbawa Besar, KABARSUMBAWA.COM – Menyukseskan pemilu 2014 di Kabupaten Sumbawa menjadi tanggung jawab dan harapan bersama. Hal inilah yang memotivasi Sultan Sumbawa, Muhammad Kaharuddin IV dan Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) menggelar pertemuan dengan KPU dan pimpinan partai politik (parpol) peserta pemilu. Usai pertemuan yang dilaksanakan di Bala Kuning, Minggu (9/3), Sultan Sumbawa, Muhammad Kaharuddin IV dalam jumpa persnya meminta seluruh elemen di Tana Samawa, baik itu penyelenggara, peserta pemilu dan masyarakat untuk tetap menjaga kondusifitas daerah. Siapapun yang ikut dalam pemilu dan yang terpilih harus bisa membawa dan menjaga marwah dan martabat Tau ke Tana Samawa.

Pertemuan itu ungkap Sultan, dihajatkan untuk memperkuat komitmen bersama antar parpol dan pelaksana pemilu, terutama tetap menjaga adat istiadat Tana Samawa. Dalam hal ini, Sultan menyatakan bahwa pihaknya bersama LATS tidak berpihak dengan parpol manapun, meski ada sejumlah pengurus LATS yang menjadi caleg dalam pemilu mendatang. “Posisi saya sebagai Sultan dan LATS, tidak berpihak atau bekerjasama dengan parpol tertentu. Ada beberapa teman kami di LATS yang menjadi caleg, dengan ini mohon mereka tidak mewakili lembaga adat. Harapan kami tentunya kepada caleg-caleg yang ada di LATS ini harus betul-betul menjaga adat dan istiadat Samawa dalam menjalankan proses ini,” ujar Sultan.

Baca juga:  Pemuda Diminta Jaga Komitmen Para Deklarator Sumpah Pemuda

Dalam kesempatan yang sama, Sultan berharap para caleg dan pimpinan parpol dapat menghormati masyarakat Tana Samawa, dengan mencerdaskan masyarakat dalam menentukan pilihannya. Apabila hal itu terjadi maka akan tercipta saling percaya. Dan kepemimpinan di Tana Samawa harus memegang peran dengan mempertemukan rasa iba dan rasa percaya “tu setemung pemendi ke penyadu”. Sebelumnya dalam pertemuan tersebut, Kabag Ops Polres Sumbawa, Kompol M Hutagalung menyatakan, dalam menjalankan tugas, pihaknya harus bersinergi dengan semua pihak baik KPU sebagai penyelenggara, parpol dan caleg, termasuk masyarakat, sehingga diharapkan semua pihak dapat menjaga harmoni. “Polisi sama dengan posisi Sultan, tidak berpihak kepada siapapun. Semuanya kita ayomi dalam hal berdemokrasi,” ucapnya seraya berharap antara parpol yang satu dengan lainnya tidak saling bergesekan.

Baca juga:  Dana Panwaslu Terancam Tidak Dipenuhi Seluruhnya

Sementara itu, Ketua KPU Sumbawa Syukri Rahmat, S.Ag menyampaikan terima kasih kepada Sultan dan LATS yang telah menggelar kegiatan tersebut. Pihaknya berkomitmen untuk menjadi penyelenggara yang jujur dan adil (jurdil), amanah dan bertanggung jawab. Diharapkan hasil kerjanya nanti bisa dipercaya oleh masyarakat, sehingga menghasilkan wakil rakyat yang terpercaya. “Kami mohon dukungan, agar yang kami laksanakan sesuai harapan bersama,” demikian Ustadz Syukri.

iklan bkbpp

News Feed