oleh

75 Siswa SMP Duta Sekolah ke OSN Tingkat Kabupaten

Sumbawa Besar, KABARSUMBAWA.COM – Sebanyak 75 siswa berhasil terjaring seleksi Olimpiade SAINS Siswa Nasional (OSN) SMP tingkat Sub Rayon Tahun 2014 yang digelar Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa, 22 Februari lalu. Selanjutnya mereka akan mengikuti seleksi tingkat kabupaten, 8 Maret mendatang.

Kadis Diknas setempat, Sudirman Malik .SPd, menyebutkan 75 siswa ini berasal 37 sekolah. Saat seleksi diikuti 93 sekolah dan dibagi dalam 19 Rayon. “Seleksi itu hanya untuk siswa kelas VII dan VIII, sementara siswa kelas IX tidak diikutsertakan karena persiapan mengikuti Ujian Nasional (UN),” kata Dirman Malik—akrab kadis disapa.

Para siswa yang nantinya mengikuti seleksi kabupaten, adalah untuk mata pelajaran Matematika, Biologi, Fisika dan IPS. Mereka akan diciutkan menjadi 12 orang untuk mengikuti seleksi tingkat provinsi sekitar April mendatang.  Bagi yang meraih juara pertama hingga ketiga akan dikirim ke propinsi untuk mengikuti seleksi.

Baca juga:  Wabup Monitoring Pelaksanaan UNBK Di Tiga Sekolah

Dijelaskan Dirman Malik, seleksi OSN tingkat Sub Rayon ini selain untuk meningkatkan mutu juga ajang mencari bibit siswa berprestasi yang mampu go nasional dan internasional. System ini perlu diterapkan karena selama ini muncul kesan peserta yang diikutsertakan hanya asal ‘comot’ tanpa melalui proses seleksi. Dengan seleksi system sub rayon memberikan kesempatan kepada semua sekolah untuk berkompetisi termasuk memunculkan potensi dari kecamatan.

Disinggung soal dalam seleksi kabupaten, Dirman Malik mengaku akan memberdayakan guru-guru terbaik di bidangnya, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi siswa. Khusus jenjang SMP, Dinas Diknas tidak lagi menggunakan tenaga pembina dari Centrion Institute Bandung (CIB). “Kita percaya kemampuan guru local,” tukasnya.

Baca juga:  Bolos Sekolah, Sejumlah Pelajar di Sumbawa Terciduk

Terhadap hasil OSN nanti, Dirman optimis pelajar SMP dari Kabupaten Sumbawa akan mewakili NTB di tingkat nasional mengingat persiapan yang cukup matang dan panjang.

iklan bkbpp

News Feed