TNI Netral Dalam Pileg dan Pilpres

Date:

Sumbawa—Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) IX Udayana, Brigjen TNI Danu Nawawi berkunjung ke Makodim 1607 Sumbawa, Rabu (26/02/2014). Dalam kunjungan tersebut, Kasdam memberikan penegasan bahwa TNI harus menjaga netralitas dalam perpolitikan nasional, khususnya pada Pileg dan Pilpres mendatang. Hal itu sangat penting untuk diingat para prajurit TNI agar tidak ikut terlibat dalam politik praktis.

Jenderal bintang satu tersebut menekankan, jika anggota TNI aktif hendak berkiprah dalam politik praktis, maka yang bersangkutan harus mengundurkan diri terlebih dahulu dari militer.

“TNI tidak pernah berbicara yang berkaitan dengan politik praktis. TNI sudah jelas dijamin kenetralannya,” tegas Brigjen TNI Danu Nawawi di hadapan para Koramil dan Babinsa yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Selain itu terangnya, semua jajaran TNI harus bisa mengamankan rangkaian proses pemilu. Tugas mengamankan pemilu sudah menjadi tugas tambahan TNI dalam membantu polisi. Juga tidak boleh mempengaruhi proses yang ada.

Di sini lain, Kasdam IX Udayana juga menyoroti sejumlah kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan prajurit TNI sebagai korbannya. Ia menyangkan hal itu terjadi, pasalnya hampir setiap hari ia menerima laporan dari Danrem bahwa ada prajurit TNI mengalami kecelakaan lalu lintas yang berujung kematian.

Sehingga, ia menilai bahwa sepeda motor tidak jauh berbeda dengan alat kontrasepsi. Maksudnya pengguna sepeda motor bisa mengurangi jumlah penduduk jika terjadi kecelakaan lalu lintas yang berujung pada kematian.

“Prajurit yang disiapkan untuk bertempur membela negara tewas karena mengedarai sepeda motor dan tergeletak di jalan raya bukan di medan tempur. Oleh karena itu perlu dievaluasi, kenapa hal itu bisa terjadi?” kata Kasdam bernada heran.

Ia menambahkan, bisa saja hal tersebut karena kelalaian dalam berkendara atau faktor lain. (*)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Share post:

iklan DPRD iklan caleg

Populer

More like this
Related

Diskusi Bersama Pelaku Seni, Jubir Kemenlu RI Iqbal Dorong Sekolah Tinggi Kesenian Hadir di NTB

Mataram, Kabarsumbawa.com - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Lalu...

Kemenkumham Kembali Raih Kualitas Tinggi dalam Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Jakarta, Kabarsumbawa.com - Di penghujung tahun 2023, sekali lagi...

Bank Sampah Pemuda Berbagi Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Sumbawa Besar, Kabarsumbawa.com - Bank Sampah Kelompok Pemuda Berbagi asal...

Kemenkumham Raih Penghargaan Terbaik I ITKP di Anugerah Pengadaan 2023

Jakarta, Kabarsumbawa.com - Kementerian Hukum dan Hak asasi Manusia...