Tempat Wisata di Kabupaten Sumbawa

1452

Tempat Pariwisata di Sumbawa
Tempat Pariwisata di Sumbawa

Dalam Loka (The Old Palace)

Istana kuno tersebut terbuat dari kayu yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III (sekitar tahun 1885 M). Saat ini digunakan/dimanfaatkan sebagai “Museum Daerah Sumbawa” tempat penyimpanan benda-benda sejarah Kabupaten Sumbawa. Istana ini merupakan dua bangunan kembar ditopang atas tiang kayu besar sebanyak 99 buah, sesuai dengan sifat Allah dalam Al – Qur’an (Asma’ul Husna). Di Dalam Loka ini kita dapat melihat ukiran motif khas daerah Samawa, sebagai ornamen pada kayu bangunannya. Miniatur Dalam Loka ini dapat dilihat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta..

Wisma Praja / Wisma Daerah ( Goverment House )


Merupakan Istana bangunan Belanda pada tahun 1932, tempat sebagai kediaman terakhir Sultan Kaharuddin III, melakukan kegiatan pemerintahan. Sekarang digunakan sebagai tempat penerimaan tamu – tamu agung dan kegiatan – kegiatan upacara / resepsi yang bersifat formal, serta pertemuan kepemerintahan lainnya.

 

Bala Kuning (The Yellow House

Bala kuning merupakan rumah tempat tinggal keluarga Sultan yang terakhir. Di sini dapat dijumpai benda-benda magis kerajaan, seperti : Bodong, Sarpedang, Payung Kamutar, Tear (tombak /lembing), Keris, Qur’an tulisan tangan oleh Muhammad Ibnu Abdullah Al-Jawi (+/- Tahun 1784) pada saat Pemerintahan Sultan Harrunnurrasyid II (1770 – 1790), yang selalu terpelihara dengan baik.

 

Dusun Pamulung 

Salah satu dusun yang termasuk dalam Wilayah Desa Karang Dima Kecamatan Labuan Badas, terletak sekitar 8 km dari kota Sumbawa Besar. Dusun ini merupakan lokasi desa wisata, karena di desa tersebut dapat disaksikan berbagai atraksi budaya daerah, seperti Karaci, Barapan Kebo, Tari-tarian tradisional serta musik tradisional.

Desa Tepal 

Desa tradisional yang terletak + 37 km dari pusat kota, masuk dalam wilayah Kecamatan Batu Lanteh. Desa ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau dengan berkuda. Desa Tepal menyimpan banyak budaya tradisional , karena masyarakatnya masih memegang teguh adat istiadat dan Budaya Samawa. Ini dapat dilihat dari cara berpakaian, cara hidup dan bentuk rumah yang unik, sehingga desa ini disebut juga Desa Adat.

Desa Poto 

Salah satu desa di Kabupaten Sumbawa yang tetap memelihara kelestarian budaya daerah seperti tenunan tradisional, pembuatan gerabah dan atraksi permainan rakyat seperti pacuan kuda, karapan kerbau. Desa Poto yang letaknya di Kecamatan Moyo Hilir kira-kira 13 km dari kota Sumbawa besar dapat dijangkau dengan sarana transportasi darat yang senantiasa melayani trayek tersebut setiap hari.

 

Pulau Bungin 
Lazimnya disebut sebagai pulau terpadat di dunia, karena kepadatan penduduknya +14.000 jiwa/km persegi. Dikenal juga sangat aman karena sejauh ini kehidupan masyarakatnya selalu rukun dan damai. Di pulau ini tidak akan ditemui lahan pertanian, perkebunan maupun peternakan. Lahan-lahan yang ada dimanfaatkan untuk membangun runah tinggal. Untuk membangun rumah baru, mereka harus bergotong royong dengan cara menyusun batu karang yang telah dikumpulkan sebelumya. Ketiadaan lahan di atas membawa keunikan tersendiri, karena ternak kambing milik penduduk setempat  tidak hanya memakan dedaunan, tetapi juga kertas, ikan laut, dan kain-kain baju yang telah robek. Pulau Bungin masih berada dalam wilayah Kecamatan Alas atau + 70 km dari kota Sumbawa besar. Untuk mencapai pulau ini tersedia perahu motor yang hilir mudik antara pulau Bungin dan Dermaga Alas atau melalui darat dengan kendaraan bermotor.

 

Pulau Kaung (Kaung Island) –

Salah satu pulau perkampungan nelayan yang letaknya tidak terlalu jauh dari pulau Bungin. Untuk mencapai pulau ini tidak lagi menyebrangi laut, melainkan dapat dilalui lewat darat dengan mempergunakan kendaraan bermotor maupun  naik dokar. Kerajinan rakyat yang terbuat dari kerang-kerangan dapat ditemui di pulau ini.

 

Dusun Talwa 

Merupakan dusun pandai besi (Black Smith) yang tetap mempertahankan sifat tradisionalnya yang kental dalam pembuatan pisau, parang, cangkul, tembilang, dan sebagainya. Dusun Talwa yang oleh para wisatawan dijuluki sebagai Blingin Jerman ini terletak di Kecamatan Moyo Hulu, berjarak 14 km dari kota Sumbawa Besar.

 

Obyek Wisata Alam 

Pantai Sili dan Maci 

Obyek Wisata berselancar yang terkenal dengan konsistensi ombaknya terletak di Pantai Maci dan Pantai Sili. Kedua pantai ini dapat ditempuh melalui darat dengan perjalanan kira-kira 6 jam dari Kota Sumbawa Besar atau dengan penerbangan ke Kota Bima ditambah 1 jam dengan kendaraan bermotor. Kedua pantai ini sangat terkenal sebagai tempat berselancar dan setiap tahunnya bersama-sama dengan Kabupaten Dompu mengadakan perlombaan berselancar tingkat Dunia di Pantai Hu’u.

 

Pantai Saliper Ate –

Saliper berarti pelipur lara / penenang / penyejuk. Ate berarti hati.  Sesuai dengan namanya Pantai Saliper Ate berarti pantai yang dapat menenangkan/ menyejukan hati pengunjungnya. Terletak sekitar 5 km ke arah Barat Kota Sumbawa Besar. Lokasinya mudah dijangkau dengan transportasi darat ( angkutan kota).

 

Pantai Kencana –

Pantai Kencana yang jaraknya sekitar 11 km dari Kota Sumbawa Besar merupakan pantai yang cukup menawan. Dengan bentuk pantai yang melengkung dan di kedua ujung lengkungannya masing-masing memiliki rona tersendiri. Terutama di lengkungan bagian kanannya berdiri batu karang berbentuk alami dengan bolongannya yang setiap saat dicium ombak. Di sekitar pantai juga tersedia fasilitas-fasilitas wisata berupa cottage dengan bentuk bangunan khas daerah Sumbawa.

 

Semongkat –

Obyek wisata alam pegunungan ini berada pada ketinggian + 450 meter di atas permukaan air laut, jaraknya 17 km dari Kota Sumbawa Besar. Jalan yang berbelok-belok dengan pemandangan perbukitan dan lembah-lembah ini dapat ditempuh dengan berbagai kendaraaan. Fasilitas yang tersedia antara lain kolam renang dan shelter.

 

Pulau Moyo ( Moyo Island ) –

Terletak Sebelah utara Sumbawa  dan di mulut Teluk Saleh dengan luas + 30 ha. Pulau Moyo memiliki obyek wisata darat dan laut yang indah dan alami. Hutan tropis pulau Moyo merupakan habitat kawanan rusa, sapi liar, babi hutan dan burung gosong (megapodius) yang dilindungi. Selain itu, pulau ini  juga termemiliki air terjun bertingkat ai mata jitu. Wisata baharinya menyediakan panorama bawah laut yang indah untuk kegiatan menyelam (snorkling dan skuba diving). Bahkan mulai dari dermaga pulau moyo sudah dapat dilihat ribuan ikan kecil. Lady Diana dari kerajaan Inggris dan Prince William dari kerajaan Belanda pernah datang berlibur ke Pulau Moyo.

 

Pantai Ai Manis –

Terletak di daratan pulau Moyo yang berpasir putih dan pemandangan bawah laut dengan terumbu karang dan tropikal fish-nya yang menawan serta hutan tropis yang ada di sekitarnya  menjadikan Ai Manis sangat cocok bagi kegiatan camping, snorkling, dan sebagainya. Dari Ai Manis dapat disaksikan tenggelamnya Matahari (Sunset).  Jalan-jalan di hutan tropis sekitar Ai Manis akan tersaji secara alami berbagai jenis flora dan fauna seperti rusa, sapi liar, babi hutan, burung koak kao, kakak tua dan burung gosong yang dilindungi. Tidak jauh dari Ai Manis terdapat gua kelelawar. Ai Manis dapat ditempuh lebih kurang 30 menit dengan speed boat dari Ai Bari Kecamatan Moyo Hilir.

 

Liang Petang –

Sebuah gua alam yang di dalamnya terdapat batu mirip manusia, balai-balai (pantar),
alat tenun dan juga dipenuhi stalagmit dan stalagtit. Letaknya di Desa Batu Tering Kecamatan Moyo Hulu dengan jarak 29 km dari Kota Sumbawa Besar. Tidak jauh dari gua ini terdapat pula gua kelelawar (Liang Bukal).

 

Teluk Saleh (Saleh Bay) –

Merupakan gugusan berpasir putih dengan koralnya yang indah dan beraneka ragam ikan hias dengan airnya yang tenang, sangat cocok sebagai tempat berenang dan menyelam untuk melihat pemandangan bawah laut.  Teluk Saleh merupakan perairan yang kaya dengan aneka ikan laut, seperti ikan kerapu yang hasilnya telah diekspor ke berbagai negara, antara lain Jepang, Hongkong dan Singapura. Dari Teluk Saleh  tampak jelas Gunung Tambora yang mempunyai kawah (Caldera) terluas di dunia.

Data Lokasi Obyek Wisata Dan Tempat Rekreasi Di Kabupaten Sumbawa Tahun 2008

 

No.

Nama Obyek Wisata

Jenis Obyek

Lokasi Desa/Kelurahan

Kecamatan

1.

Dalam Loka

Istana Raja Sumbawa

Seketeng

Sumbawa

2.

Bala Kuning

Rumah Keluarga Sultan

Seketeng

Sumbawa

3.

Saliper Ate

Pantai (Taman Rekreasi)

Labuhan Sumbawa

Labuhan Badas

4.

Batu Kuping

Pantai

Kel. BrangBiji

Sumbawa

5.

Tanjung Menangis

Pantai, Goa

Kel. BrangBiji

Sumbawa

6.

Pantai Tanjung Pasir

Pantai (Snorkling)

Pulau Moyo

Labuhan Badas

7.

Ai Manis

Pantai (Snorkling)

Pulau Moyo

Labuhan Badas

8.

Wisma Praja

Istana Sultan

Brangbara

Sumbawa

9.

Dsn Wisata Pamulung

Dusun Tradisional

Karang Dima

Labuhan Badas

10.

Pantai Gua/Tanjung Pengamas

Pantai

Karang Dima

Labuhan Badas

11.

Pantai Empan

Pantai

Dusun Empan

Labuhan Badas

12.

Ai Mata Jitu

Air Terjun

Labuhan Aji(Pulau Moyo)

Labuhan Badas

13.

Batu Gong

Pantai

Labuhan Badas

Labuhan Badas

14.

Pulau Moyo (Tj. Pasir)

Pantai/Taman Laut/Taman Buru

Labuhan Aji

Labuhan Badas

15.

Dusun Wisata Perung

Rumah Tradisional

Desa Pelat

Unter Iwes

16.

Semongkat

Kolam Renang /Alam

Dusun Semongkat

Batu Lanteh

17.

Desa Wisata Tepal

Rumah Tradisonal

Dusun Tepal

Batu Lanteh

18.

Pulau Dangar

Taman Laut

Labuhan Ijuk

Moyo Utara

19.

Dsn. Wisata Poto

Pengrajin Tenun

Desa Poto

Moyo Hilir

20.

Labuhan Sawo

Pantai

Desa Penyaring

Moyo Utara

21.

Ai Beling

Air Terjun

Desa Sempe

Moyo Hulu

22.

Liang Petang

Gua Alam

Desa Batu Tering

Moyo Hulu

23.

Ai Putih

Air Terjun

Desa Sempe (Kuang Amo)

Moyo Hulu

24.

Bendungan Batu Bulan

Bendungan

Batu Bulan

Moyo Hulu

25.

Sarkopagus

Kuburan Tua

Ai Renung (Batu Tering)

Moyo Hulu

26.

Teba Murin

Air Terjun

Lenangguar

Lenangguar

27.

Tiu Pasai

Air Terjun

Lape

Lape

28.

Pulau Ngali

Pantai

Labuhan Kuris

Lape

29.

Bendumngan Mamak

Bendungan

Mamak

Lopok

30.

Pantai Sekokat

Pantai

Labangka

Labangka

31.

Ai Panas

Sumber Air Panas

Maronge

Maronge

32.

Gili Setigi

Pulau dan Pantai

Labuhan Jontal

Plampang

33.

Telaga Lompa

Danau Alam Pengunungan

Muer

Maronge

34.

Liang Dewa

Pegunungan/Pantai

Labangka

Labangka

35.

Tiu Kulit

Bendungan

Simu

Maronge

36.

Gili Tapan

Pulau

Plampang

Maronge

37.

Jemplung

Pantai

Labuhan Jambu

Tarano

38.

Pantai Maci

Pantai/Selancar

Mata

Tarano

39.

Pulau Rakit

Pantai

Labuhan Jambu

Tarano

40.

Pulau Depi

Pantai

Labuhan Bontong

Tarano

41.

Brang Bako

Pantai

Jotang

Empang

42.

Teluk Saleh

Pantai

Labuhan Jambu

Tarano

43.

Pulau Raja Kepe

Pulau/Pantai

Empang

Empang

44.

Pantai Sili

Pantai/Selancar

Mata

Tarano

45.

Pantai Tero

Pantai

Jotang

Empang

46.

Makam Kerongkeng

Kuburan Keramat

Kerongkeng

Tarano

47.

Batu Gong

Gong Terbuat Dari Batu

Orong Bawa (Utan)

Utan

48.

Gili Bedil

Pulau/Pantai, Alam Laut

Labuhan Padi

Utan

49.

Gili Keramat

Pulau/Pantai, Alam Laut

Labuhan Padi

Utan

Sumber : Disporbudpar 

BAGIKAN